Yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas - Pegadaian Syariah
logo

Yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas

8 bulan yang lalu      Investasi Emas
Yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas

Salah satu cara untuk mempersiapkan kondisi finansial di masa depan adalah dengan melakukan investasi. Kegiatan investasi ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa terkecuali perseorangan sekalipun.

Islam dan Investasi

Dalam Islam, investasi bukanlah suatu hal yang diharamkan. Bahkan merujuk pada Al-Qur’an Surat Yusuf ayat 46-49, investasi adalah hal yang baik untuk dilakukan:

  • QS Yusuf ayat 46
    "(Setelah pelayan itu berjumpa dengan Yusuf dia berseru): 'Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh butir (gandum) yang hijau dan tujuh lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahui."
  • QS Yusuf ayat 47
    “Yusuf berkata: ‘Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa, maka apa yang kamu tuai (petik) hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan.’”
  • QS Yusuf ayat 48
    “Kemudian sesudah itu akan datang tujuh tahun yang amat sulit, yang menghabiskan apa yang kamu simpan untuk menghadapinya (tahun sulit), kecuali sedikit dari (bibit gandum) yang kamu simpan).”
  • QS Yusuf ayat 49
    “Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan di masa itu mereka memeras anggur.”


Dari Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4, disebutkan mengenai tafsir mimpi dari Raja Mesir oleh Yusuf, yang maksudnya akan datang kesuburan dan hujan selama tujuh tahun berturut-turut, yang mana tujuh ekor sapi sama dengan tujuh tahun karena itulah sapi-sapi tersebut bisa digunakan untuk mengolah tanah agar dapat mengeluarkan hasil tanaman berupa bulir-bulir gandum hijau. Yusuf juga memberikan petunjuk bahwa berapapun hasil yang diperoleh selama tujuh tahun subur itu, disimpanlah secara baik-baik agar lebih awet, tidak cepat rusak, dan digunakan secara hemat agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama tuju tahun di masa paceklik yang akan datang setelah musim subur tujuh tahun itu.

Dari tafsir di atas, dapat memberi pelajaran kepada kita agar mengelola dengan baik kekayaan yang kita miliki sebagai bekal di masa yang akan datang. Karena itu, tidak semestinya seluruh kekayaan yang dimiliki saat ini dikonsumsi habis tanpa memikirkan apa yang akan terjadi nantinya.

Investasi Emas: Alternatif Mudah yang Menjanjikan

Untuk kebutuhan individu, investasi yang umum dilakukan berdasarkan prospek di masa depan adalah investasi tanah dan emas. Namun mengingat keterbatasan lahan yang kini semakin susah didapat, investasi emas adalah alternatif lebih mudah yang menjanjikan.

Sebagaimana yang dikatakan Steve Forbes—Editor-in-Chief majalah Forbes

Gold is a constant. It’s like the North Star.

Kestabilannya membuat prospek nilai logam mulia ini cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2016, tercatat peningkatan nilai emas dari Januari hingga Agustus 2016 sebesar 18%.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas
Ada banyak alasan mengapa emas layak dijadikan sebagai investasi. Selain karena harga pasar yang stabil sehingga meningkatkan nilai emas itu sendiri, emas juga bisa dikatakan sebagai satus-satunya investasi yang bebas pajak.

Nah, jika Anda ingin melakukan investasi emas, jangan menunda terlalu lama. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menginvestasikan kekayaan ke dalam bentuk logam mulai ini.

  1. Cek Harga Pasar
    Meski tidak sefluktuatif saham, harga emas juga tetap mengalami perubahan. Anda perlu tahu terlebih dahulu berapa harga emas saat ini. Selain melakukan pengecekan harga resmi dari berita atau aplikasi online yang banyak beredar, bandingkan pula harga antara satu toko dan toko lainnya.
  2. Sesuaikan Ukuran
    Anda bisa memilih investasi emas batangan atau perhiasan sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Sesuaikan uang yang Anda miliki dengan ukuran emas yang akan dijadikan investasi. Untuk emas batangan bisa dilihat dari berapa beratnya (gram), sementara untuk emas perhiasan dilihat dari nilai kemurniannya (karat).
  3. Pilih Tempat Pembelian Terpercaya
    Anda bisa pergi ke Pegadaian untuk membeli emas batangan terpercaya. Atau jika ingin membeli emas perhiasan, Anda dapat membelinya di toko perhiasan emas yang memang memiliki reputasi baik.

Selain tiga hal utama tadi, Anda juga perlu melakukan penegcekan terhadap kondisi fisik emas. Pastikan bahwa emas yang Anda beli mulus mengilap dan tidak memiliki goresan atau cacat lainnya yang dapat menjatuhkan harga ketika dijual kelak.

Nah, itulah yang perlu Anda perhatikan saat akan melakukan investasi emas. Semoga bermanfaat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas"