5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan dengan Modal Kecil - Pegadaian Syariah
logo

5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

6 bulan yang lalu    
5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Bisnis untuk mahasiswa tak hanya bermanfaat dalam rangka mendapatkan penghasilan, namun juga bermanfaat untuk melatih diri sejak dini agar bisa memberikan nafkah untuk diri dan keluarga. Bahkan tak sedikit mahasiswa yang melakukan bisnis dalam rangka memenuhi kebutuhan nafkah utama dalam keluarga, termasuk untuk membiayai kuliahnya sendiri.

Prinsipnya, bisnis ini hanya meliputi 2 jenis skema, yakni kongsi dan jual beli. Kalau tidak kongsi ya pasti jual beli. Ketika kamu melakukan kongsi, maka hasil akan muncul ketika sudah melibatkan transaksi jual beli. Itulah prinsip hukum dalam bisnis syariah, yakni profit masuk akal hadir jika dan hanya jika melalui jual beli yang sah.

Banyak sekali peluang usaha yang bisa dijalankan mahasiswa, dari yang tanpa modal sampai dengan bisnis yang membutuhkan modal besar. Berikut ini ada beberapa ide bisnis untuk mahasiswa:

Pertama, Bisnis Pulsa dan Paket Data. Rasanya sulit menemukan mahasiswa zaman now yang tidak punya gadget. Ini potensi luar biasa untuk dijadikan lahan bisnis bagi mahasiswa. Kamu bisa jualan pulsa elektrik untuk memenuhi kebutuhan pulsa dan paket data temen-temen kamu. Bahkan untuk kebutuhan kamu sendiri.

Modal yang dibutuhkan juga terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal tak lebih dari 500 ribu rupiah. Asalkan kamu telaten dan sabar, maka bisnis pulsa dan paket data kamu lama-kelamaan berkembang pesat. Ingat, bahwa tiada hari tanpa kebutuhan pulsa dan paket data, jadi dari sisi potensi pasar, bisnis kamu akan terus dibutuhkan.

Dari sisi pembeli, bisnis ini semakin membuat mahasiswa nyaman, oleh karena ia tidak perlu khawatir pulsa tidak tertransfer karena bisa mengecek langsung ke teman yang sudah dikenal. Hanya saja, penjual harus menegaskan agar bayar pulsanya dilakukan kontan agar tidak menyebabkan hutang teman kamu menumpuk.

Kedua, Bisnis Kuliner. Bisnis kuliner (makanan) seakan tiada henti, apalagi makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Tiada hari tanpa kebutuhan makan. Apalagi usia mahasiswa yang hobi ngemil makanan ringan.

Ada beberapa peluang bisnis makanan yang bisa kamu maksimalkan, misalnya berbagai jenis makanan gorengan, seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang coklat, pisang goreng, risoles, dan bakwan, jajanan pasar, berbagai jenis keripik, coklat karakter, serta berbagai jenis makanan lainnya yang biasanya dikonsumsi mahasiswa.

Bicara makanan tak lengkap rasanya jika tanpa minuman. Kamu bisa juga bisnis minuman di kampus, dari yang paling sederhana seperti es teh manis, es jeruk, es blender, dan es jus. Jika punya modal cukup, kamu bisa jualan es kepal yang saat ini sedang viral.

Lazimnya bisnis makanan, jika kondisi laku, maka keuntungan yang diperoleh bisa minimal meraup untung 100% modal. Ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Tinggal pintar-pintarnya kamu saja untuk memilih jenis makanan sesuai selera temen-temen kamu serta keawetan makanan, agar tidak cepat basi.

Ketiga, Bisnis Fashion dan Parfum. Bisnis fashion dan parfum tak perlu butuh modal yang signifikan. Bahkan tanpa modal pun sebenarnya bisa, yakni memanfaatkan media online dan mempertemukan antara penjual dan pembeli.

Tak sedikit dari mahasiswa yang sudah menjalankan bisnis ini dan berjalan lancar, misalnya bisnis kerudung. Untuk bisnis kerudung ini dengan modal yang dibutuhkan tidak sampai 500 ribu, asalkan kamu telaten dan sabar, maka bisnis kamu akan menjadi berkembang pesat.

Untuk bisnis parfum, ada beberapa merek parfum yang harganya murah, kemasan bagus, wanginya sesuai selera. Bisnis parfum memang tidak setiap hari dibutuhkan dalam volume yang banyak, namun akan selalu dibutuhkan. Kamu bisa memilih produk parfum yang cocok dengan selera temen-temen kamu. Modal bisnis yang dibutuhkan pun tidak perlu banyak, bisa di bawah 500 ribu.

Keempat, Bisnis Kreatif. Bisnis kreatif ini ragamnya ada banyak. Bisnis kreatif ini biasanya dimulai dari hobi, kemudian dimaksimalkan menjadi produk layak beli dan jadilah lahan bisnis yang menguntungkan.

Ada banyak peluang bisnis kreatif di kalangan mahasiswa, misalnya bisnis bros buatan sendiri, bisnis tas rajut, bisnis kopyah rajut, bisnis kaligrafi, bisnis fotografi, bisnis daur ulang kertas, daur ulang sampah, bisnis kerajinan, dan lain-lain.

Selain bisnis kreatif berupa jual beli barang, kamu bisa juga memaksimalkan potensi kamu untuk melakukan jual beli jasa, misalnya jasa privat ngaji, jasa bimbingan belajar, jasa penerjemah, dan berbagai jasa lain yang masuk kategori bisnis kreatif.

Berbagai jenis bisnis kreatif di atas tak perlu modal besar. Cukup bermodal tak sampai 500 ribu, kamu sudah bisa menjalankan bisnis tersebut. Syarat utamanya ya asalkan kamu sabar dan telaten, niscaya bisnis kamu akan lancar.

Kelima, Bisnis Online. Inilah salah satu lahan bisnis yang sangat populer mengingat bahwa modal yang dibutuhkan ringan dengan hasil yang menggiurkan. Misalnya kamu bisa memaksimalkan bisnis dropship atau sejenisnya.

Bisnis dropship dan reselling, bisa dijalankan sesuai syariah Islam jika akad-nya benar-benar jual beli, tidak zhalim, tidak gharar dan yang paling penting ada hak khiyar (misalnya membatalkan akad jual beli karena barang yang dibeli tidak sesuai pesanan). Dalam rangka mengantisipasi risiko sengketa antarpihak terkait ongkos kirim barang yang tidak sesuai pesanan, maka sejak awal akad harus disepakati siapa saja yang harus menanggung biaya-biaya terkait retur (pengembalian barang).

Itulah sedikit dari ide bisnis buat mahasiswa yang menguntungkan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan permodalan bisnis di kalangan mahasiswa tersebut, maka Pegadaian Syariah menghadirkan produk Rahn Hasan.

Rahn Hasan ini diberikan untuk Golongan A dengan uang pinjaman maksimal Rp 500.000,-. Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh kamu yang memiliki perhiasan atau emas atau barang gadai lain yang sifatnya bergerak (memiliki harga) dan harganya tidak harus besar, sehingga bisa dinikmati oleh mahasiswa bahkan pelajar dan pengembalian pinjamannya lebih terjangkau disertai bebas biaya pemeliharaan dan biaya administrasi paling besar hanya Rp. 5.000,- saja.

Pada pembiayaan Rahn Hasan ini, Nasabah tidak dikenakan biaya pemeliharaan (mu’nah pemeliharaan) dari barang yang digadaikan. Nasabah Pegadaian Syariah hanya dikenakan biaya administrasi di awal (mu’nah akad). Biaya administrasi pun sangat terjangkau, yakni maksimal sebesar Rp 5.000,- untuk pinjaman maksimal Rp 500.000,- tersebut.

Jangka waktu maksimal gadai Rahn Hasan adalah 60 hari kalender atau 2 bulan. Hal ini berbeda dengan Rahn reguler yang jangka waktunya mencapai 4 bulan. Jangka waktu Rahn Hasan ini memang lebih singkat.

Demikian uraian mengenai prinsip hukum ide bisnis untuk mahasiswa yang meguntungkan dengan modal kecil. Semoga bisnis kamu berkah dan bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan dengan Modal Kecil"