5 Langkah Aman Kredit Mobil Bekas - Pegadaian Syariah
logo

5 Langkah Aman Kredit Mobil Bekas

1 minggu yang lalu    
5 Langkah Aman Kredit Mobil Bekas

Mobil merupakan salah satu sarana utama dalam menjalankan kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi bagi kamu yang punya bisnis dengan mobilitas tinggi, kendaraan merupakan sarana utama yang harus kamu persiapkan dalam menunjang kelancaran bisnis.

Pemenuhan keberadaan mobil bisa kamu lakukan dengan cara sewa/pinjam atau milik. Salah satu langkah yang dapat kamu lakukan dalam rangka memiliki mobil adalah dengan cara memiliki mobil bekas secara angsuran atau kredit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin kredit mobil bekas:

Langkah pertama, siapkan dana. Langkah utama dan pertama yang harus kamu siapkan adalah dana. Ketika kamu ingin memiliki mobil secara angsuran, dana yang harus kamu persiapkan di awal tentu saja tidak sebesar ketika kamu ingin membeli mobil secara tunai.

Dana awal yang harus kamu persiapkan untuk kredit mobil bekas adalah dana sebagai DP ( down payment ). Agar aman, siapkan dana DP sebesar 30% dari harga beli mobil. Angka ini cukup aman oleh karena 30% adalah dana DP tertinggi yang lazimnya diminta penjual.

Terkadang ada lembaga pembiayaan yang hanya mewajibkan DP sebesar 10%. Hal ini bisa menghadirkan kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah dana yang kamu persiapkan di awal hanya sedikit jika dibandingkan keharusan DP 30%. Namun, artinya kewajiban yang harus kamu bayarkan akan lebih besar, sehingga angsuran yang harus kamu bayarkan nanti juga lebih besar dibandingkan dengan ketika kamu memberikan DP sebesar 30%.

Selain dana DP, siapkan juga dana yang diperlukan untuk biaya-biaya. Misalnya biaya administrasi, biaya materai, biaya asuransi syariah, biaya penilaian agunan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan pembiayaan atau biaya operasional lain termasuk biaya tak terduga.

Langkah kedua , tentukan penjualnya. Kamu bisa beli mobil bekas secara kredit dari lembaga pembiayaan yang biasanya disebut dengan leasing atau bisa ke Lembaga Keuangan Syariah lainnya, salah satunya Pegadaian Syariah. Agar lebih aman dan rapi, kamu bisa kredit mobil bekas dari lembaga pembiayaan yang terpercaya.

Pastikan transaksinya adalah transaksi dagang, bukan transaksi kredit bersyarat sewa modal. Jika kamu melakukan transaksi kredit mobil bekas melalui Lembaga Keuangan Syariah, maka berarti kamu benar-benar melakukan transaksi dagang dalam rangka kepemilikan mobil bekas tersebut. Fungsi Lembaga Keuangan Syariah adalah sebagai perantara skema pembiayaan kepemilikan mobil bekas tersebut.

Terkait dengan pemilik kendaraan yang akan kamu beli, bisa milik perseorangan atau dari dealer mobil bekas. Kelebihan penjual perseorangan dibandingkan dengan dealer mobil bekas adalah kamu akan memeroleh harga yang lebih kompetitif atau murah oleh karena penjual perorangan tidak memerlukan showroom khusus, tidak menggunakan jasa marketing atau jasa orang operasional, sehingga menekan biaya operasional penjual. Meski demikian, ketika kamu menemukan mobil bekas milik perorangan yang ingin kamu beli, kamu tetap bisa mengajukan pembiayaan ke Lembaga Keuangan Syariah.

Langkah ketiga , lakukan pengecekan kondisi mobil. Pengecekan mobil bisa dilakukan dengan pengecekan fisik body luar mobil (seperti bagian cat, kemulusan fisik, kejernihan kaca, kondisi spion, body dan kaca bersih dari jamur), fisik interior dalam mobil ( dashboard , jok, setir, serta seluruh fungsi bagian dalam lainnya) serta fisik mesin (kondisi dan suara mesin). Kamu dapat minta bantuan dari rekan yang lebih memahami mesin, mengajaknya test drive agar kamu bisa memastikan bahwa kondisi mesin mobil bekas yang akan kamu beli masih dalam kondisi baik.

Selain itu, kamu harus mengecek berkas keabsahan mobil, misalnya BPKB, STNK, serta dokumen lain terkait mobil tersebut. Kamu sangat berhak untuk melakukan konfirmasi keabsahan berkas-berkas mobil ke Kepolisian atau Samsat terdekat.

Langkah keempat, tentukan kontrak kepemilikan. Kalau kamu melakukan transaksi kepemilikan mobil bekas secara kredit di Lembaga Keuangan Syariah, pasti skema transaksinya adalah skema dagang. Misalnya, jual beli tegaskan untung, sewa berakhir lanjut milik, kongsi berkurang dan sewa, pinjaman beragun asset (sehingga ada jual beli jasa pemeliharaan agunan) serta ada kemungkinan akad-akad lainnya.

Setiap jenis kontrak dagang di Lembaga Keuangan Syariah ini memiliki skema dan risiko yang berbeda-beda. Pastikan kamu memiliki pemahaman yang komprehensif terkait akad yang akan kamu jalankan. Hal ini diperlukan agar kamu paham persis semua risiko yang akan kamu tanggung sampai pembiayaan mobil bekas tersebut lunas.

Jangan lupa, pastikan kamu memilih Lembaga Keuangan Syariah yang kredibel, bisa dipercaya, ada jaminan keamanan, memiliki cabang atau jaringan yang banyak, fasilitas yang bagus dan memudahkan, serta layanan yang professional, mudah dan cepat.

Langkah kelima, siapkan semua berkas yang dibutuhkan untuk pembiayaan. Berikutnya adalah persiapkan semua berkas yang dibutuhkan dalam rangka pengajuan pembiayaan kepemilikan mobil di Lembaga Keuangan Syariah.

Setiap Lembaga Keuangan Syariah menetapkan persyaratan yang dapat berbeda-beda satu sama lainnya. Namun, secara umum berkas-berkas yang dibutuhkan dalam rangka pembiayaan kepemilikan mobil di Lembaga Keuangan Syariah adalah fotokopi KTP, KK atau Surat Nikah, Surat Keterangan Domisili, Rekening Listrik Terakhir, PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), Slip Gaji dan lain-lain.

Setelah semua kondisi kamu pahami dan berkas telah kamu persiapkan, selanjutnya kamu bisa langsung melakukan langkah pembelian. Kamu bisa datang ke Pegadaian Syariah terdekat untuk memanfaatkan layanan pembiayaan Amanah.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki pembiayaan Amanah, yakni proses transaksi berprinsip syariah yang adil dan menenteramkan sesuai fatwa 92/DSN-MUI/IV/2014, proses pembiayaan dilayani di banyak outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia, uang muka pembelian untuk mobil mulai 20%, serta pembiayaan berjangka waktu fleksibel sampai dengan 60 bulan. Pegadaian Syariah memberikan tarif jasa pemeliharaan agunan ( mu'nah ) menarik dan kompetitif. Pembiayaan dapat diberikan tidak hanya untuk kendaraan baru, tetapi juga kendaraan bekas. Selain itu, prosedur pelayanan sederhana, cepat dan mudah.

Persyaratannya pun mudah, yakni karyawan tetap dengan masa kerja minimal 2 tahun dan usia minimal 21 tahun atau sisa masa kerja 1 tahun sebelum pensiun, itu bagi karyawan yang masih aktif. Usia saat jatuh tempo maksimal 70 tahun, kendaraan dipergunakan di wilayah pemohon, memiliki usaha produktif yang sah dan berjalan minimal 1 tahun, serta memiliki tempat tinggal.

Prosedurnya mudah, yakni nasabah mengajukan pembiayaan Amanah, kemudian analis melakukan verifikasi dokumen, domisili dan tempat kerja. Selanjutnya pihak Pegadaian Syariah melakukan proses persetujuan. Setelah pembiayaan disetujui, Pegadaian Syariah melakukan pencairan dana di outlet pegadaian dengan estimasi proses selama 3 hari.

Demikian 5 langkah aman kredit mobil bekas dan solusinya yakni menggunakan produk pembiayaan Amanah dari Pegadaian Syariah. Semoga bermanfaat dan memudahkan kamu untuk memiliki kendaraan impian.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Langkah Aman Kredit Mobil Bekas"