5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas bagi Pemula - Pegadaian Syariah
logo

5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas bagi Pemula

6 bulan yang lalu    
5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas bagi Pemula

Kendaraan merupakan salah satu sarana transportasi yang bisa mempermudah kelangsungan hidup manusia dalam rangka menjalankan aktivitas sehari-hari. Secara fikih, kendaraan bisa merupakan kebutuhan level hajiyat yang memang layak untuk dipenuhi. Hajiyat sendiri merupakan kebutuhan atas sesuatu yang jika sesuatu itu tidak bisa dipenuhi, maka tidak menyebabkan manusia mati atau binasa, namun akan muncul kesulitan atau kesempitan.  Bagi kamu yang belum memiliki dana yang cukup, tak ada salahnya memiliki kendaraan bekas namun memiliki kualitas bagus. Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat membeli mobil bekas:

Tips Pertama, memilih penjual. Sangat sah bagi kamu untuk memilih penjual mobil bekas. Namun, jika kamu bisa menemukan mobil dengan spesifikasi yang kamu inginkan, lebih baik kamu membeli mobil bekas langsung dari tangan pertama. Logikanya, harga lebih bisa ditekan.

Saat ini memang banyak showroom mobil bekas dari yang kecil sampai yang besar. Showroom mobil bekas dengan beranekaragam jenis mobil bisa membuat kamu lebih punya banyak pilihan. Namun, logika sederhananya, perawatan serta pembukaan showroom mobil bekas membutuhkan biaya tidak sedikit, sehingga biaya ini akan berdampak pada harga mobil yang dijual.

Pemilik mobil bekas di showroom juga lazimnya tidak ada di tempat, sehingga kamu tidak bisa memperoleh jawaban langsung dan akurat terkait mobil tersebut. Namun, jika kamu memang merasa lebih nyaman dengan beli mobil bekas di showroom , silahkan saja, yang penting kamu paham semua risikonya.

Tips Kedua, cek fisik kendaraan. Cek fisik kendaraan dimulai dari pengecekan eksterior. Cek kacanya, apakah ada goresan atau retak, atau kacanya pernah diganti. Cek juga body mobil dan cat mobilnya, apakah masih mulus atau ada goresan. Cek juga lampunya, apakah ada yang pecah atau tidak, apakah cahayanya masih terang atau tidak. Cek juga bagian eksterior lain seperti spion, roda, dan lain-lain. Pastikan fisiknya masih bagus atau sesuai selera kamu.

Berikutnya kamu bisa mengecek aksesoris dan interior mobil. Bagian aksesoris dan interior yang perlu kamu cek fisik adalah bagian dashboard mobil, karpet, cek kaca dengan mencoba naik turunkan kaca, setel AC, bagian jok dari sisi fisik jok, cek geser maju mundur dan cek kualitas pelapisnya. Jangan lupa cek tombol wiper, buka tutup pintu mobil, cek lampu sein, lampu depan, lampu rem, lampu hazard. Cek juga fasilitas audio dan CP player dengan cara menyalakannya.

Selain itu, lakukan pengecekan performa mesin. Ini adalah bagian sangat penting dari mobil bekas karena pastinya mesin sudah pernah digunakan, apalagi jika sudah dalam hitungan tahun. Jika kamu tidak ahli mesin, ajak temen kamu yang lebih paham mesin.

Pada saat pengecekan mesin ini, kamu harus memperhatikan bunyi mesin, apakah bunyinya halus atau kasar. Mobil bekas yang bagus juga akan lebih mudah di- starter . Cobalah melakukan test drive , coba lakukan oper gigi, apakah lancar atau tidak. Cek juga di jalan raya, jalan rata, jalan tidak rata, dan rasakan kondisi mobil saat berjalan. Kamu bisa melakukan test drive dengan pemiliknya agar si penjual juga tahu kondisi mobilnya, sehingga menjadi wajar jika kamu menawar harga yang diajukan penjual.

Satu lagi terkait fisik kendaraan yang bisa kamu lakukan adalah cek fisik di samsat. Kamu bisa mencocokkan data dan informasi yang tertera di BPKB dan STNK sesuai dengan fisik mobil. Kamu bisa izin baik-baik dengan pemilik mobil. Mobil bekas yang baik, tentu menyebabkan penjual bersedia senang hati dilakukan cek fisik.

Tips Ketiga, cek kelengkapan surat dan dokumen terkait lainnya. Surat utama yang harus kamu cek adalah STNK dan BPKB asli. Cermati dan pastikan bahwa kedua dokumen tersebut harus asli. Kalau perlu, kamu bisa mengecek di samsat. Pengecekan ini bisa memudahkan kamu melakukan balik nama dan hal administrasi lainnya.

Satu dokumen penting yang bisa kamu cek adalah adanya asuransi. Mobil yang baik tentu di- cover asuransi. Silakan kamu cek polis asuransi beserta klausul yang tercantum dalam polis. Kalau perlu bisa kamu pastikan dulu apakah asuransi tersebut bisa dipindahtangankan atau tidak menjadi atas nama kamu.

Pastikan semua dokumen jual beli ada dan bisa kamu kuasai. Hal ini berguna bagi semua proses administrasi terkait mobil kamu. Ketika balik nama asuransi juga lazimnya perlu semua dokumen terkait jual beli.

Tips Keempat, cek riwayat mobil. Pengecekan riwayat mobil bisa kamu lakukan dengan menanyakan apakah mobil tersebut pernah tabrakan, bagaimana proses terjadinya tabrakan, apakah tabrakannya hebat atau tidak. Hal ini harus kamu gali dari pembeli agar kamu mengetahui kondisi persis dari mobil bekas ini.

Jangan lupa minta dokumen riwayat servis mobil dari pembeli. Mobil yang bagus tentu diservis secara berkala sesuai jadwal servis. Penjual tentu tidak akan keberatan jika kamu minta riwayat servis. Ketika penjual tidak mau menunjukkan riwayat servis, maka posisi tawar kamu lebih tinggi.

Selain itu, coba gali lagi, apakah mobil bekas tersebut pernah digunakan untuk keperluan penyewaan kendaraan. Saat ini, tak sedikit mobil pribadi yang dititipkan ke rental mobil untuk disewakan atau bahkan dipakai sendiri oleh pemiliknya untuk sarana taxi online .

Tips Kelima, pilih sumber dana sesuai syariah. Jika kamu tidak memliki dana tunai, kamu bisa memanfaatkan fasilitas pembiayaan yang sesuai syariah. Kamu bisa ke lembaga keuangan syariah agar transaksi kamu secara legal merupakan transaksi jual beli, aman tentram sesuai syariah.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan jual beli mobil, Pegadaian Syariah menyediakan layanan Amanah , yang merupakan pembiayaan berprinsip syariah kepada karyawan tetap maupun pengusaha mikro, untuk memiliki kendaraan, baik baru maupun second, dengan cara angsuran.

Keunggulan produk ini adalah kamu bisa mengajukan pembiayaan dengan uang muka yang terjangkau, angsuran tetap, dan jangka waktu pembiayaan yang fleksibel (mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan). Selain itu, pembiayaan Amanah tersedia di seluruh outlet Pegadaian maupun Pegadaian Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Persyaratan untuk bisa memanfaatkan pembiayaan Amanah juga mudah, yakni pegawai tetap suatu instansi pemerintah/swasta minimal telah bekerja selama 2 tahun, melampirkan kelengkapan dokumen yakni fotokopi KTP (suami/istri), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi SK pengangkatan sebagai pegawai atau karyawan tetap, rekomendasi atasan langsung, slip gaji 2 bulan terakhir, mengisi dan menandatangani form aplikasi Amanah, serta membayar uang muka yang disepakati (minimal 20% untuk mobil). Sedangkan untuk pengusaha UMKM melampirkan kelengkapan dokumen seperti fotokopi KTP (suami/istri), fotokopi Kartu Keluarga, dan Surat Keterangan Usaha dari kelurahan tempat usahanya.

Demikian tips membeli mobil bekas berkualitas bagi pemula. Silakan kamu manfaatkan fasilitas pembiayaan Amanah, agar kebutuhan kamu bisa terpenuhi dengan mudah dan barakah. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas bagi Pemula"