5 Tips Menabung Emas dengan Mudah di Pegadaian Syariah - Pegadaian Syariah
logo

5 Tips Menabung Emas dengan Mudah di Pegadaian Syariah

2 bulan yang lalu      Investasi Emas
5 Tips Menabung Emas dengan Mudah di Pegadaian Syariah

Emas merupakan benda berharga yang bernilai sepanjang masa dan sifatnya universal. Nilai atau harga emas juga cenderung stabil dibandingkan dengan mata uang apapun di dunia. Oleh sebab itu, emas bisa dijadikan sebagai sarana lindung nilai dan investasi. Dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki emas, Pegadaian Syariah memberikan kemudahan lewat layanan Tabungan Emas.

Berikut ini ada beberapa tips menabung emas yang bisa kamu perhatikan ketika ingin menabung emas di Pegadaian Syariah.

Tips pertama, percaya dengan penerapan syariah Islam dalam skema dan produk Tabungan Emas. Pegadaian Syariah adalah lembaga keuangan yang bisnis dan operasionalnya diatur sesuai syariah Islam di bidang muamalah. Semua produk di Pegadaian Syariah mengacu pada Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI serta ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Semua prosedur produk dan operasional Pegadaian Syariah sudah disetujui oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) sebagai kepanjangan tangan dari DSN MUI. Pelaksanaan bisnis Pegadaian Syariah juga sudah diawasi oleh DPS dan OJK.

Tips kedua, memahami fitur dan prosedur produk Tabungan Emas. Hal penting yang harus diperhatikan ketika menabung emas adalah memahami fiturnya. Tabungan emas bisa dibuka dengan cara mengisi formulir dan melengkapi berkas persyaratan tabungan emas.

Skemanya berlaku hukum jual beli. Nasabah menyetorkan dana minimal senilai 0,01 gram emas atau kurang lebih senilai dengan Rp6.000-an jika diukur dengan harga emas saat ini. Uang yang disetorkan oleh nasabah akan langsung ditukar dengan gram emas senilai uang yang disetorkan. Skema pertukaran ini oleh syariah Islam disebut dengan jual beli.

Pegadaian Syariah sendiri sudah menyiapkan fisik emas. Ketika nasabah membeli emas dengan cara menyetorkan uang ke rekening Tabungan Emas, maka saldo fisik emas tersebut dikurangi oleh karena sudah menjadi hak milik nasabah.

Fisik emas disimpan di Pegadaian Syariah. Jika nasabah membutuhkan dana tunai, maka nasabah bisa menukarkan kembali emas yang tercantum dalam saldonya dengan uang. Skema pertukaran ini oleh syariah Islam disebut dengan jual beli.

Jika nasabah menginginkan pencetakan fisik emas batangan, nasabah dapat melakukan order pencetakan dengan pilihan kepingan 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, atau 100 gram dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih. Skema ini memudahkan bagi kamu yang ingin memiliki emas namun dana yang tersedia terbatas.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan fisik emas yang sudah kamu beli melalui setoran tabungan emas tersebut oleh karena disimpan oleh perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kredibel dan terbukti bisa menjamin keamanan dari sisi fisik dari sisi hukum legal formal.

Transaksi pencetakan emas batangan tersebut saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan buku tabungan dan identitas diri yang asli. Proses pencairan mudah dilakukan, baik pencairan dalam bentuk dana maupun dalam bentuk pencetakan emas batangan. Hal ini diperkuat dengan pengalaman masyarakat yang sudah terbiasa memperoleh layanan cepat ketika bertransaksi di Pegadaian Syariah.

Tips ketiga, persiapkan dana. Dana yang dibutuhkan sangat ringan, yakni minimal senilai 0,01 gram emas atau senilai Rp6.000-an. Hal ini memudahkan kamu untuk memiliki emas dengan skema tabungan. Dana yang dipersiapkan tidak harus rutin dan tidak harus pasti ada karena sifatnya tabungan, bukan pembiayaan yang sifatnya wajib rutin ada.

Tips keempat, persiapkan berkas yang disyaratkan untuk Tabungan Emas. Berkas yang dibutuhkan untuk membuka rekening tabungan emas adalah cukup dengan melampirkan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/paspor) yang masih berlaku. Selanjutnya kamu bisa mengisi formulir yang disediakan oleh Pegadaian Syariah.

Tips kelima, tertib menabung. Setelah memiliki rekening Tabungan Emas, bisa jadi kamu lupa untuk tertib menabung. Kamu bisa menabung dengan periode mingguan oleh karena nilai setoran yang sangat terjangkau. Paling tidak, rutinkan menabung emas ini sebulan sekali.

Demikian tips menabung emas di Pegadaian Syariah. Mari kita budayakan investasi sejak dini untuk masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "5 Tips Menabung Emas dengan Mudah di Pegadaian Syariah"