7 Peluang Usaha di Bulan Ramadan yang Menguntungkan - Pegadaian Syariah
logo

7 Peluang Usaha di Bulan Ramadan yang Menguntungkan

8 bulan yang lalu    
7 Peluang Usaha di Bulan Ramadan yang Menguntungkan

Ramadan segera hadir menghampiri kita. Ramadan bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah. Salah satu rahmat dan barakah yang bisa kita nikmati adalah peluang bisnis yang sudah menjadi tradisi khas di bulan yang suci ini. Berikut ini ada 7 peluang usaha di bulan Ramadan yang menguntungkan yang bisa kamu coba:

Satu, bisnis kuliner (makanan jadi). Ini adalah bisnis paling favorit di bulan Ramadan. Mulai dari takjil (makanan atau minuman untuk membatalkan puasa), makanan saat berbuka, makanan sahur, sampai dengan variasi makanan dan minuman atau sejenisnya yang bisa dinikmati setelah ibadah Salat Tarawih. Ragam makanan khas Ramadan juga beranekaragam, mulai dari kurma, kolak, gorengan, buah-buahan, sampai dengan nasi dan lauknya.

Kamu bisa memaksimalkan peluang ini dengan membuka usaha makanan dengan modal yang terjangkau. Bisnis gorengan atau lontong atau kolak tidak membutuhkan modal yang signifikan. Hanya saja kamu harus telaten untuk menjualnya ketika menjelang waktu berbuka puasa.

Dua, bisnis bahan makanan. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan makanan di saat bulan Ramadan akan meningkat, sehingga kebutuhan bahan makanan pun meningkat, dari bahan makanan pokok sampai bahan makanan ringan, dari beras sampai barang, dari minyak goreng sampai sirup, dari daging sampai sayuran, dari kurma sampai ketimun suri. Ini merupakan peluang bisnis yang juga bagus untuk bisa kamu maksimalkan.

Tiga, bisnis parsel dan kue lebaran. Bisnis parsel dan kue lebaran juga menjadi bisnis yang menjanjikan. Berbagai bahan mahanan dan minuman bisa dijadikan sebagai parsel. Kamu bisa menawarkan sajian yang unik dan menarik dari kemasan parsel yang jarang ditemui di pasaran. Kamu bisa ambil marjin signifikan dari situ.

Sedangkan untuk kue lebaran, sebut saja kue nastar, kue salju, berbagai jenis roti, berbagai jenis makanan yang digoreng, sampai makanan tradisional yang biasanya hanya disajikan setiap hari lebaran tiba. Bahkan banyak juga kue lebaran yang merupakan makanan tradisional berupa kue basah.

Kamu bisa memaksimalkan bisnis ini mulai dari skala kecil hingga besar. Kamu pun tidak harus menjadi produsen yang membuat kue tersebut. Kamu bisa mencari tukang masaknya, dan tugas kamu adalah memasarkan secara online maupun offline. Kamu bisa ambil marjin dari situ.

Empat, bisnis buku Islami. Bisnis buku Islami juga merupakan bisnis yang juga menjanjikan. Buku-buku yang lazimnya diminati selama Ramadan adalah terkait tuntunan ibadah Ramadan, dzikir dan doa, buku tentang bisnis dan keuangan secara Islami, buku anak-anak yang Islami, tafsir, hadits, dan buku-buku lainnya.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini dari skala kecil, jualan buku ke teman, dengan cara reselling, atau dropshipping atau cara lain yang halal. Dengan begitu, kamu tidak harus memiliki stok buku terlebih dulu, namun bisa menjualkan buku dari toko atau penerbit atau penulis. Kamu tinggal memasarkannya ke publik.

Lima, bisnis pakaian. Bisnis pakaian dan aksesoris juga merupakan bisnis yang tak lekang oleh waktu, selalu dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi sekala bulan suci Ramadan. Contoh pakaian yang booming di setiap Ramadan adalah mukena, gamis, sarung, celana, baju koko, kerudung, kopyah, dan setelan baju Muslim anak-anak. Selain itu ada bros, parfum, lipstik, peralatan makeup, dan lain-lain.

Jika kamu punya modal yang cukup, maka kamu bisa stok pakaian dan asesoris tersebut. Jika kamu tidak punya modal, kamu bisa jadi reseller dari produsen. Kamu tinggal memasarkanya secara online maupun offline.

Enam, bisnis mainan anak Islami. Saat ini, mainan anak Islami lagi booming, seperti boneka yang bisa mengaji, smart hafizh, buku atau ballpoint yang bisa bunyi jika diberi aplikasi tertentu, CD Islami untuk anak-anak, dan berbagai mainan lain.

Saat ini banyak mainan anak Islami yang diperjualbelikan secara online serta membuka peluang reseller dan dropshipper. Kamu bisa memaksimalkan bisnis itu dengan tanpa modal, mulai jadi reseller.

Tujuh, bisnis layar kaca. Salah satu hal yang akan mewarnai kita selama Ramadan adalah layar kaca atau televisi. Akan hadir begitu banyak program khusus Ramadan, dari program kajian Alquran sampai program hiburan yang secara khusus disajikan selama Ramadan.

Sebut saja kajian tafsir, kajian subuh, kajian menjelang berbuka, hiburan menjelang sahur, hiburan menjelang berbuka, serial khusus Ramadan, lomba nyanyi, lomba ceramah, dan berbagai program lain khusus Ramadan.

Peluang bisnis ini tentu bisa dinikmati oleh kamu yang punya hobi dan akses di dunia layar kaca. Tidak semua orang bisa menikmati bisnis ini dalam posisi sebagai orang yang terlibat langsung menyajikannya. Namun, bagaimanapun bisnis inilah yang akan marak hadir di bulan Ramadan karena akan hadir di setiap rumah.

Itulah 7 peluang usaha di bulan Ramadan yang bisa kamu jalankan. Lebih baik lagi jika bisnis tersebut dijalankan dengan modal yang halal dan sesuai syariah. Pegadaian Syariah memberikan jalan keluar bagi kamu yang ingin memulai usaha namun terbentur modal. Melalui Rahn (Gadai Syariah), kamu bisa mendapatkan dana cepat sampai dengan 250 juta rupiah atau lebih tentunya sesuai dengan syariah. Di sini, kamu bisa menggadaikan beragam barang jaminan, mulai dari emas perhiasan, emas batangan, barang elektronik, dan kendaraan bermotor. Maksimalkan bulan suci ini dengan banyak beribadah dan mencari rezeki yang halal. Semoga bermanfaat, Sahabat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "7 Peluang Usaha di Bulan Ramadan yang Menguntungkan"