Apa yang Dilakukan Saat Butuh Dana Cepat dan Halal? - Pegadaian Syariah
logo

Apa yang Dilakukan Saat Butuh Dana Cepat dan Halal?

4 bulan yang lalu    
Apa yang Dilakukan Saat Butuh Dana Cepat dan Halal?

Hidup ini penuh dengan dinamika. Terkadang berada dalam kondisi berkecukupan, terkadang dalam kondisi yang membutuhkan. Salah satu kebutuhan yang mungkin ada adalah butuh dana cepat dan halal. Oleh karena kebutuhan dananya cepat, kamu juga harus melakukan langkah-langkah strategis yang juga cepat dan halal.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika kamu mengalami kondisi butuh dana cepat.

Pertama, memastikan prioritas. Kamu jangan buru-buru memastikan bahwa kebutuhan dana cepat tersebut memang harus kamu penuhi. Cek dulu, apakah kebutuhan itu memang prioritas atau bukan. Mungkin saja kamu merasa sesuatu adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi, namun setelah dicermati lagi, ternyata bukan kebutuhan penting.

Cara mudah memahami prioritas atau bukan adalah dengan memahami kondisi darurat atau hajat atau bahkan tahsiniyat . Dahruriyat atau darurat adalah ketika sesuatu itu tidak ada, maka akan menimbulkan kerusakan, kemusnahan, kematian, kehancuran. Hajiyat atau hajat adalah ketika sesuatu itu tidak ada, tidak menimbulkan kerusakan atau kemusnahan atau kematian atau kehancuran, namun menghadirkan kesempitan dan kesulitan. Ada satu lagi yakni kebutuhan tahsiniyat . Kebutuhan ini adalah selain dharuriyat dan hajiyat , bisa saja harus dipilih, namun pilihannya sama-sama baik atau sama sama maslahat .

Ketika kamu merasa sedang butuh dana cepat, bersabarlah sejenak, periksa kembali apakah kebutuhan itu merupakan kondisi darurat atau hajiyat atau tidak. Kalau kebutuhannya darurat misalnya operasi besar atau biaya rawat inap, segera penuhi. Kalau kebutuhannya hajiyat , kamu bisa segera memenuhinya jika kebutuhan itu memang penting, misalnya yang terkait dengan pemenuhan nafkah, pemenuhan kebutuhan sekolah, dan sejenisnya.

Kedua, mengurangi dan membatasi pengeluaran. Langkah pertama dan utama yang dapat segera kamu lakukan adalah mengurangi atau membatasi pengeluaran. Segera periksa pengeluaran yang selama ini dilakukan, segera kurangi atau hentikan pengeluaran yang tidak penting, agar bisa menghemat pengeluaran.

Penghematan ini bisa menyebabkan pos dana yang seharusnya kamu keluarkan untuk sesuatu yang tidak urgent bisa kamu alihkan pada pos kebutuhan yang urgent . Kamu bisa juga mengurangi pengeluaran makan yang biasanya berlebihan atau mewah, bisa makan dengan menu yang sederhana asalkan menyehatkan.

Pengeluaran yang berkaitan dengan transportasi bisa kamu kurangi dengan moda transportasi yang lebih hemat, meskipun cenderung menguras tenaga, misalnya naik moda angkutan umum masal. Alihkan untuk hal urgen yang sedang kamu butuhkan cepat.

Ketiga, menambah pemasukan atau penghasilan. Salah satu upaya strategis yang bisa kamu lakukan ketika butuh dana cepat adalah dengan menawarkan jasa les privat untuk penghuni komplek perumahan atau di komunitas tertentu. Banyak orangtua yang memanggil guru les privat untuk anaknya yang masih SD atau SLTP atau bahkan yang masih TK. Materinya cenderung mudah kamu kuasai, dan bisa menghadirkan dana dalam waktu cepat.

Kamu juga bisa menawarkan jasa menulis. Lakukan segera, misalnya menulis di koran, menulis di media sosial, dan media lain yang bisa menghadirkan fee . Honor dari menulis memang kadangkala tidak cair dalam waktu cepat, namun itulah salah satu cara menghadirkan uang dengan modal sangat kecil, yakni gadget atau laptop.

Cara lain, menawarkan jasa sopir, misalnya kepada penghuni kompleks atau komunitas. Kalau keseharian kamu bukan driver ojek online , kamu bisa menawarkan jasa di luar skema ojek online . Kalau kamu punya kendaraan, kamu bisa sekalian menyewakan kendaraan kamu sekaligus kamu jadi supirnya.

Kamu bisa juga menawarkan diri menjadi babysitter sementara, misalnya untuk orangtua yang aktivitasnya berkantor pergi subuh pulang malam. Tentu saja kamu harus benar-benar bermental sabar dan membekali diri dengan kompetensi seorang babysitter sementara.

Cara lain, kamu bisa menjual barang pantas namun tidak terpakai, misalnya pakaian bekas, handphone bekas, atau menjual hadiah yang belum pernah kamu pakai, itu tidak masalah ketika hadiah itu memang bukan spesial bagi kamu.

Keempat, menggunakan dana darurat. Bagi kamu yang biasa menyediakan pos dana darurat atau pos dana yang sudah dipilah-pilah berdasarkan peruntukan, kamu bisa meminjam dana tersebut. Dana tersebut milik kamu sendiri, namun jika sudah tersedia dana yang cukup, nanti kamu kembalikan lagi dana kamu sesuai pos yang sudah kamu atur dengan sistematis.

Kelima, menggadaikan barang. Kalau kamu punya barang berharga dan ingin melibatkan pinjaman, lebih baik kamu datang ke Pegadaian Syariah. Kamu bisa menggadaikan barang berharga yang kamu miliki, untuk selanjutnya kamu akan memeroleh pinjaman.

Beranekaragam barang berharga yang bisa kamu gadaikan, mulai dari emas, permata, barang berharga sampai dengan kendaraan. Pada skema gadai kendaraan, bukan kendaraannya yang digadaikan, namun bukti kepemilikan kendaraan (BKPB) yang digadaikan. Sertifikat tanah juga bisa kamu gadaikan jika di atas tanah tersebut ada usaha produktif.

Bahkan, Pegadaian Syariah menerima gadai dengan barang seharga 1 gram emas melalui pembiayaan Rahn Hasan. Hal ini membuktikan bahwa Pegadaian Syariah bisa menjadi solusi cepat atas kebutuhan dana cepat yang kamu alami, bisa dengan nominal kecil sampai besar.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa proses pembiayaan di Pegadaian Syariah adalah sangat cepat, hanya beberapa menit, dana sudah cair. Agunan kamu juga sangat aman karena digadaikan di perusahaan BUMN yang pasti harus amanah. Jaringan Pegadaian Syariah sangat luas, persyaratan yang dibutuhkan juga sangat mudah dipenuhi, yang penting ada barang berharga yang bisa digadaikan.

Demikian berbagai cara yang bisa kamu lakukan saat kamu butuh dana cepat dan halal. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Apa yang Dilakukan Saat Butuh Dana Cepat dan Halal?"