Cara Gadai Emas di Pegadaian Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Cara Gadai Emas di Pegadaian Syariah

11 bulan yang lalu      Investasi Emas
Cara Gadai Emas di Pegadaian Syariah

Emas adalah komoditas yang sangat berharga dan sangat likuid. Ketika kita memiliki emas, maka kita memiliki harta yang sewaktu-waktu bisa dicairkan atau ditukarkan dengan uang dalam waktu cepat. Emas mudah diperjual-belikan dan sifatnya universal sehingga dihargai di manapun. Hal ini berbeda dengan aset lain seperti rumah, kendaraan dan barang lain yang lazimnya tidak mudah terjual dalam hitungan menit.

Emas juga merupakan sarana lindung nilai. Inilah faedah paling utama dari kepemilikan emas. Kita ketahui bahwa inflasi terus terjadi, harga barang cenderung naik, kondisi ekonomi serba tidak menentu. Satu hal yang pasti, ketika kita memiliki emas, maka tolok ukur nilai harta kita akan cenderung terjaga secara stabil, dibanding kita menyimpannya dalam bentuk mata uang rupiah. Bahkan nilai emas akan terus meningkat terhadap mata uang (rupiah).

Dari sini bisa dilihat betapa keberadaan emas sangat berharga bagi pemenuhan kebutuhan kita sehari-hari. Ketika kita memiliki emas, rasanya sayang jika emas tersebut kita jual untuk memenuhi kebutuhan kita. Ada satu produk yang disiapkan oleh Pegadaian Syariah terkait pemanfaatan emas, yakni produk Pembiayaan Rahn (Gadai Syariah). Produk ini berguna bagi nasabah pemilik emas dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa menjual emas yang dimilikinya. Emas tetap menjadi milik nasabah.

Pembiayaan Rahn (Gadai Syariah) dari Pegadaian Syariah ini merupakan solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Landasan syariah gadai emas syariah adalah Fatwa DSN MUI Nomor: 26/DSN-MUI/III/2002 tentang Rahn Emas.

Prosedur Gadai Emas

Adapun prosedur gadai emas syariah ini sederhana. Anda tinggal datang ke Pegadaian Syariah dengan membawa emas yang ingin Anda gadaikan. Emas yang Anda gadaikan bisa berupa emas warna emas atau emas warna putih. Emas yang Anda gadaikan juga bisa berupa emas batangan maupun berbagai emas perhiasan.

Jangan lupa Anda siapkan KTP atau identitas resmi lainnya. Anda isi formulir pengajuan pembiayaan, jika sebelumnya Anda bukan nasabah. Jika sebelumnya Anda pernah jadi nasabah, Anda tinggal menyerahkan KTP Anda atau menyebutkan nama Anda.

Emas Anda akan ditaksir nilainya oleh penaksir dari Pegadaian Syariah. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui jumlah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemeliharaan dan penjagaan atas emas yang Anda miliki. Nilai taksiran ini juga akan berpengaruh pada jumlah pinjaman yang akan Anda peroleh.

Setelah emas Anda ditaksir, maka Anda bisa memperoleh pinjaman sesuai dengan perhitungan dari pihak Pegadaian Syariah. Anda bisa mengambil pinjaman sebesar nilai yang ditentukan oleh Pegadaian Syariah atau boleh kurang dari nilai taksiran. Tidak boleh lebih.

Prosesnya cepat. Hanya dalam waktu 15 menit, dana yang Anda butuhkan bisa langsung dicairkan. Pencairan akan dilakukan secara tunai ataupun non tunai.

Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar mu’nah (biaya pemeliharaan dan penjagaan barang agunan) saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menata kelola likuiditas dan pengaturan keuangan Anda.

Jumlah pinjaman (marhun bih) mulai dari 50 ribu rupiah sampai dengan 200 juta rupiah atau bisa lebih dari itu. Anda bisa memperkirakan jumlah pinjaman sesuai dengan emas yang Anda gadaikan dan kondisi likuiditas keuangan Anda.

Setelah Anda memperoleh pinjaman, Anda bisa melakukan pengembalian atas pinjaman serta pembayaran harga jual beli manfaat jasa pemeliharaan dan penjagaan emas Anda. Pembayaran bisa Anda lakukan dengan melakukan angsuran atau bisa Anda lakukan pada tanggal jatuh tempo berakhirnya pembiayaan. Dsarankan untuk angsur per 30 haru terhitung tanggal akad.

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah adalah tersedianya layanan Rahn ini di seluruh outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia sebanyak 605 outlet/cabang untuk Pegadaian Syariah. Di manapun Anda berada, Anda bisa melakukan gadai emas syariah di outlet Pegadaian Syariah terdekat.

Pegadaian Syariah juga merupakan perusahaan BUMN, perusahaan milik pemerintah yang kredibel dan terpercaya. Jadi, keamanan emas Anda akan terjamin, aman disimpan dan bisa diambil kembali jika Anda sudah melunasi pinjaman dan membayar kewajiban Anda.

Pelunasan dan pengambilan agunan emas Anda dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan biaya pemeliharaan dan penjagaan agunan selama masa pinjaman yang dihitung secara proporsional pada periode pinjaman. Jika Anda ingin melakukan pelunasan dipercepat, disarankan agar Anda terlebih dulu menghubungi outlet tempat Anda menggadaikan emas, agar emas Anda bisa disiapkan

Ketika Anda tidak mampu melakukan pelunasan atas pinjaman Anda, maka Anda akan diberikan Surat Pemberitahuan untuk melakukan tanda tangan Akad Baru.

Pada saat lelang, Anda akan diberi kesempatan pertama untuk melakukan pembelian terhadap emas Anda sendiri. Namun, jika Anda benar-benar tidak mampu lagi menebusnya, maka emas Anda akan dilelang untuk umum. Hasil lelang dikurangi dengan kewajiban nasabah menjadi HAK nasabah untuk mengambil uang lebih atas lelang tersebut. Batas Waktu pengambilan lelang yaitu selama satu tahun terhitung mulai dari tanggal akad lelang. Apabila uang kelebihan tidak diambil nasabah selama satu tahun, maka kelebihan lelang ini akan menjadi Dana Kebajikan Umat (DKU) atas nama nasabah tersebut.

Demikian uraian mengenai cara gadai emas di Pegadaian Syariah dari awal Anda hadir di outlet Pegadaian Syariah sampai Anda melakukan pelunasan, bahkan sampai pada proses lelang emas yang Anda gadaikan. Semoga manfaat. Ayo ke Pegadaian Syariah!

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com

 




Komentar Artikel "Cara Gadai Emas di Pegadaian Syariah"