Faedah Investasi Emas di Pegadaian Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Faedah Investasi Emas di Pegadaian Syariah

11 bulan yang lalu      Investasi Emas
Faedah Investasi Emas di Pegadaian Syariah

Investasi emas adalah kepemilikan emas dalam rangka lindung nilai agar nilainya tetap stabil meskipun nilai mata uang terus mengalami tren penurunan. Dengan demikian, semakin lama nilai emas semakin meningkat dibandingkan dengan nilai mata uang yang berlaku. Inilah logika sederhana dari investasi emas.

Dari definisi tersebut bisa diperhatikan bahwa banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan melakukan investasi emas, baik dengan kepemilikan emas maupun penata-kelolaan emas agar tetap produktif dan aman.

Ada beberapa produk Pegadaian Syariah dalam rangka investasi emas dan penata-kelolaan keberadaan emas nasabah, yakni Tabungan Emas, Mulia, RAHN Emas, Arrum Emas, dan Konsinyasi Emas. Terkait dengan berbagai produk berbasis emas yang disiapkan oleh Pegadaian Syariah tersebut, ada beberapa faedah yang bisa diperoleh nasabah saat investasi Pegadaian Syariah:

Pertama, lindung nilai. Inilah faedah paling utama dari kepemilikan emas. Kita ketahui bahwa inflasi terus terjadi, harga barang cenderung naik, kondisi ekonomi serba tidak menentu. Satu hal yang pasti, ketika kita memiliki emas, maka tolok ukur nilai harta kita akan cenderung terjaga secara stabil, dibanding kita menyimpannya dalam bentuk mata uang. Bahkan nilai emas akan terus meningkat terhadap mata uang. Misalnya, ketika kita saat ini memiliki uang dan segera dikonversikan dalam Tabungan Emas di Pegadaian Syariah, maka nilai emas di tabungan akan tetap mengikuti nilai emas, bukan mengikuti nilai rupiah yang fluktuasinya cenderung menurun.

Kedua, menjaga likuiditas. Ketika kita memiliki emas, maka kita memiliki harta yang sewaktu-waktu bisa dicairkan. Emas adalah harta yang sangat likuid. Emas mudah untuk dijadikan uang, bisa dijaminkan di Pegadaian Syariah ataupun langsung dijual dan sifatnya universal sehingga dihargai di manapun. Hal ini berbeda dengan aset lain seperti rumah, kendaraan dan barang lain yang lazimnya tidak mudah terjual dalam hitungan menit.

Ketiga, solusi pemenuhan kebutuhan mendesak. Oleh karena sifat emas sebagai harta yang sangat likuid, maka emas ini sangat membantu kita jika dalam kondisi kebutuhan mendesak dan harus dipenuhi segera. Kita tinggal menggadaikan dan/atau menjualnya dalam waktu cepat. Pencairan emas ini tidak perlu dengan menjualnya. Pegadaian Syariah menyiapkan produk gadai emas syariah (Arrum Emas) dalam rangka pemberian pinjaman dana darurat kepada nasabah. Nasabah tetap memiliki emasnya, emas tetap tersimpan aman dan rapi di Pegadaian Syariah.

Keempat, kenyamanan dan keamanan. Melakukan investasi emas dan memanfaatkan berbagai fitur produk emas di Pegadaian Syariah menghadirkan kenyamanan dan keamanan. Kondisi ini belum tentu bisa diperoleh nasabah jika menggadaikan barangnya di tempat gadai lainnya. Kenyamanan yang dimaksud adalah dalam hal layanan gadai, kecepatan pencairan, dan kemudahan bertransaksi. Sedangkan keamanan yang dimaksud adalah status Pegadaian Syariah sebagai unit usaha dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dijamin negara, sehingga nasabah tidak perlu khawatir akan kehilangan jaminan yang digadaikan. Kalaupun ditakdirkan hilang, maka ada pihak yang sangat kredibel dan bertanggung jawab atas hilangnya jaminan tersebut.

Kelima, kepatuhan terhadap syariah. Ketika Anda melakukan transaksi investasi emas dan/atau gadai emas di Pegadaian Syariah, maka Anda telah menjalankan transaksi ekonomi sesuai prinsip syariah. Transaksi ini sudah digariskan untuk menghindari transaksi yang dilarang Syariah. Dari sisi logika, transaksi sesuai syariah adalah memastikan nominal transaksi yang memang harus dipastikan dan menidakpastikan nominal transaksi yang memang harus tidak dipastikan. Ketika Anda melakukan transaksi investasi emas di Pegadaian Syariah, maka Anda telah menjalankan transaksi yang logis dan menyehatkan akal.

Berikut ini adalah produk-produk berbasis investasi emas yang sudah tersedia di pegadaian syariah. Secara umum, transaksi ini meliputi kepemilikan emas, gadai emas, dan jual beli emas:

Tabungan Emas

Tabungan Emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Uang yang Anda setorkan ke Pegadaian Syariah akan langsung dikonversi senilai emas saat itu. Keunggulan Tabungan Emas adalah karena tersedia di kantor cabang di seluruh Indonesia, pembelian emas dengan harga terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram), layanan petugas yang profesional, alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset, mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana Anda.

Mulia

Mulia adalah layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel. Mulia dapat menjadi alternatif pilihan investasi yang aman untuk mewujudkan kebutuhan masa depan, seperti menunaikan ibadah haji, mempersiapkan biaya pendidikan anak, memiliki rumah idaman serta kendaraan pribadi. Keunggulan Mulia adalah karena proses mudah dengan layanan professional, alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset, sebagai aset, emas batangan sangat likuid untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak, tersedia pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 1 gram s.d. 1 kilogram, emas batangan dapat dimiliki dengan cara pembelian tunai, angsuran, koletif (kelompok), ataupun arisan.

RAHN

RAHN adalah produk pembiayaan (Gadai Syariah) dari Pegadaian Syariah sebagai solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Prosesnya cepat hanya dalam waktu 15 menit dana cair dan aman penyimpanannya. RAHN emas adalah gadai yang menggunakan emas sebagai jaminan. Keberadaan emas yang dijaminkan ini menyebabkan Nasabah tetap memiliki emas tersebut. Sebagaimana kita ketahui, emas adalah barang berharga yang nilainya tetap stabil meskipun terjadi fluktuasi nilai mata uang maupun dalam kondisi inflasi.

Konsinyasi Emas

Konsinyasi Emas adalah layanan titip-jual emas batangan yang dibeli dari Pegadaian sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Anda, oleh sebab itu juga emas yang dimiliki lebih produktif. Keunggulan Konsinyasi Emas adalah karena dikelola oleh PT Pegadaian (Persero) yang merupakan BUMN terpercaya, emas Anda terproteksi 100%, transparan dalam pengelolaan, menghasilkan keuntungan yang kompetitif dengan investasi lainnya.

Demikian mengenai faedah investasi emas serta contoh produk terkait dengan investasi emas di Pegadaian Syariah. Semua produk berbasis emas yang sudah disiapkan oleh Pegadaian Syariah mampu memberikan pola penata-kelolaan harta terutama emas dalam rangka lindung nilai, penjagaan aset emas, jual beli emas secara kompetitif dan kepemilikan emas tetap ada di tangan Anda bahkan meskipun sering digadaikan di Pegadaian Syariah. Ayo investasi emas di Pegadaian Syariah!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Faedah Investasi Emas di Pegadaian Syariah"