Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Emas - Pegadaian Syariah
logo

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Emas

1 tahun yang lalu      Investasi Emas
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Emas

Beberapa orang beranggapan bahwa salah satu cara untuk bertahan hidup di zaman yang serba susah ini adalah dengan menabung. Apa yang mereka pikirkan sebenarnya tidak salah, tapi tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Untuk itu, investasi sebaiknya dilakukan.

Nah, salah satu investasi terbaik adalah emas. Mengapa emas? Karena logam mulia ini sangat disukai oleh Allah. Bahkan Rasulullah pernah bersabda: “Dinar (emas) dan dirham (perak) adalah stempel Allah di muka bumi-Nya, barang siapa yang datang dengan mempergunakan stempel Tuhannya, maka akan dicukupi semua kebutuhannya.” (HR. Imam Ath-Thabrani dalam Tafsir Ad-Durrul Mantsur Fit-Tafsir Bil-Ma’tsur Vol. I halaman 326)

Pegadaian Syariah pun menawarkan Tabungan Emas sebagai layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat, yang mana pembelian emas dengan harga yang terjangkau (mulai dari berat 0,01 gram), untuk berinvestasi emas. Layaknya tabungan pada umumnya, Tabungan Emas di Pegadaian Syariah juga mudah dan cepat dicairkan untuk memenuhi kebutuhan dana Anda.

Investasi emas memang menguntungkan. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia tersebut, ada baiknya pelajari dulu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga emas sebelum memulai investasi:

1. Harga Emas dan Ketersediaan Stok
Harga logam mulia akan naik kalau stok global sedang menurun atau produksinya anjlok akibat menipisnya cadangan di tambang. Jika pada suatu waktu Anda memiliki rezeki yang lebih, ada baiknya Anda untuk membeli emas kala itu juga.

2. Harga Emas dan Industri Perhiasan

World Gold Council pernah merilis fakta bahwa 54 persen emas di dunia masuk ke industri perhiasan. Secara tidak langsung, mereka melakukan monopoli di pasaran sehingga harganya jadi naik dan tidak bisa dikontrol lagi. Selain industri perhiasan, 12 persen produksi emas juga masuk ke industri perlatanan medis dan eletronik. Akibat permintaan yang besar dari industri perhiasan, harga emas jadi naik.

3. Harga Emas dan Isu Politik serta Konflik Global

Isu politik dunia yang buruk membuat banyak orang panik sehingga memborong emas. Akibatnya, harga emas jadi melonjak tinggi. Saat akan berinvestasi, Anda jangan mudah panik. Amati semua dinamika politik dan konflik dunia agar bisa membuat keputusan yang terbaik.

Nah, itulah uraian tentang faktor yang memengaruhi harga emas. Semoga apa yang tertulis di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi. Diam adalah emas, tapi dalam invetasi, diam saja tidak akan menghasilkan apa-apa. Jadi, cepat ambil tindakan, ya!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Faktor-Faktor yang Memengaruhi Harga Emas"