Ini Dia Beragam Manfaat Emas Selain untuk Investasi - Pegadaian Syariah
logo

Ini Dia Beragam Manfaat Emas Selain untuk Investasi

3 bulan yang lalu      Investasi Emas
Ini Dia Beragam Manfaat Emas Selain untuk Investasi

Emas merupakan logam mulia. Memiliki emas bisa menghadirkan berbagai dampak positif bagi pemiliknya karena emas bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya untuk instrumen investasi. Akan tetapi, emas juga mudah untuk dicairkan menjadi harta lain seperti uang dan bisa mendukung pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Arti kata lain, emas juga memiliki manfaat lain. Berikut ini beberapa manfaat emas selain untuk investasi.

Pertama , bidang agama. Islam menjadikan emas sebagai alat tukar dan alat ukur. Fakta penggunaan emas sebagai alat tukar termaktub di berbagai firman Allah, hadits Rasulullah SAW, dan fikih Islam klasik. Meskipun hukumnya tidak wajib, namun penggunaan emas sebagai alat tukar ini tercatat dalam dinamika syariah Islam.

Islam juga menggunakan tolok ukur zakat dengan menggunakan emas. Nishab (hitungan besaran harta yang wajib dizakati) untuk harta berupa emas diukur dengan 85 gram emas. Nishab zakat mal juga dihitung dengan ukuran 85 gram emas. Nishab zakat harta lain selain pertanian, umumnya juga diukur dengan 85 gram emas.

Umat Islam juga menggunakan emas sebagai pelapis ornamen masjid. Selain itu, agama lain seperti Hindu dan Buddha pun membuat arca dari emas. Karya fenomenal terbuat dari sepuhan emas dan perak yang bisa ditemui di Bhutan, yakni patung Buddha Dordenma setinggi 51 meter.

Kedua , bidang ekonomi. Manfaat emas yang paling besar adalah di bidang ekonomi. Emas bisa dijadikan sebagai alat tukar. Kegiatan ekonomi dengan alat tukar emas dan perak ini sudah ada sejak zaman romawi, masa kerajaan Nusantara kuno, pada masa keberadaan Islam, kerajaan Islam Nusantara, dan sampai saat ini masih ada sebagian kecil masyarakat yang memberlakukan emas dan perak sebagai alat tukar.

Seiring berjalannya waktu, emas dan perak saat ini tidak lazim lagi digunakan sebagai alat tukar, namun lebih beralih fungsi sebagai instrumen lindung nilai atas harta. Emas bisa dijadikan sebagai tolok ukur nilai harta yang nilainya cenderung stabil. Sebagai gambaran, harga seekor kambing masa lalu dibandingkan masa sekarang, tetap sama jika dinilai dengan emas. Sedangkan nilai mata uang masa kini (seperti rupiah) yang cenderung fluktuatif.

Emas juga bisa dijadikan sebagai instrumen anti inflasi. Memiliki emas sama saja dengan melindungi harta dari inflasi, sehingga nilai harta tetap cenderung stabil. Jika inflasi sudah melonjak tinggi, maka harga emas jadi ikut naik, sehingga nilai harta kita tetap terlindungi dibandingkan dengan ketika kita menyimpan harta dalam bentuk mata uang rupiah atau mata uang asing.

Selain itu, emas juga sangat likuid. Emas sangat mudah dicairkan dan diperjualbelikan, sehingga memudahkan bagi pemiliknya untuk memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari. Emas juga memiliki sifat yang universal, artinya emas akan selalu dinilai berharga di negara manapun, hanya saja akan ada karakteristik dari sisi jenis dan spesifikasi emas yang memang akan berbeda tolak ukur di setiap negara.

Emas juga bisa dijadikan sebagai cadangan devisa negara. Logika sederhananya, semakin banyak cadangan emas yang dimiliki oleh suatu negara, maka semakin bagus bagi perekonomian negara tersebut.

Ketiga , bidang sosial. Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat akan menganggap memiliki emas yang banyak akan meningkatkan kekayaan, kesejahteraan, simbol kemakmuran dan status sosial. Memiliki emas yang banyak bisa diimbangi dengan aktivitas sosial yang banyak.

Emas juga bisa dijadikan sebagai perhiasan. Kita bisa mempercantik penampilan dengan berhias emas. Hal ini akan mempengaruhi persepsi atau pandangan orang lain terhadap kita. Dari sisi etika, tak ada yang salah menggunakan emas perhiasan, asalkan seperlunya dan tetap konsisten berbagi untuk kepentingan sosial.

Keempat , bidang budaya. Emas masa lalu dijadikan sebagai sarana seni dan budaya. Emas untuk kesenian bisa dilihat dari berbagai kerajinan atau seni rupa berlapiskan emas dan perak. Emas juga bisa dijadikan sebagai sarana budaya, seperti di Jepang dikenal dengan Kintsugi atau Kintsukuroi, yakni seni memperbaiki cangkir yang telah pecah dengan  emas . Dalam seni ini, cangkir yang telah pecah dapat digunakan kembali setelah serpihannya direkatkan dengan sepuhan emas.

Kebanyakan orang membuang begitu saja cangkir yang telah pecah, karena tidak lagi bisa digunakan. Namun dalam seni Kintsugi, muncul filosofi bagi kita belajar untuk menerima ketidaksempurnaan dalam hidup. Selayaknya kita sebagai manusia yang berbuat salah dari waktu ke waktu, dan terus memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Kelima , bidang olahraga. Emas bisa dijadikan sebagai sarana penghargaan di bidang olahraga. Juara pertama dalam olahraga biasanya memperoleh medali emas. Salah satu piala paling bergengsi adalah Piala Dunia untuk kejuaraan sepakbola juga berlapis emas. Hal ini menjadi bukti bahwa emas menjadi sarana penghargaan di bidang olahraga.

Keenam , bidang pendidikan. Selain di bidang olahraga, penghargaan prestasi dengan menggunakan emas juga diberlakukan di bidang pendidikan. Kita melihat adanya olimpiade berbagai mata pelajaran, baik di tingkat nasional maupun internasional yang menggunakan medali emas sebagai juara pertama.

Ketujuh , bidang industri. Emas merupakan logam mulia yang mudah ditempa (dengan alat khusus) dan mudah dibentuk. Perhiasan emas dengan berbagai model menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi perempuan. Hal ini menyebabkan industri perhiasan emas terus berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan hadirnya model-model perhiasan yang kekinian.

Selain itu, emas bisa juga dipakai sebagai lapisan untuk perangkat kecil sebagai penghantar listrik pada beberapa alat elektronik seperti radio, televisi, komputer, dan perangkat lain. Emas memiliki sifat yang tahan terhadap korosi, penghantar panas yang baik dan mendukung sistem pengiriman data komputer. Pemakaian emas dalam perangkat ini memang sangat kecil.

Emas juga banyak digunakan dalam industri pembuatan ponsel karena merupakan konduktor ideal. Emas juga tidak mudah berkarat, sehingga cocok untuk membuat barang-barang elektronik “cerdas” yang memiliki banyak fungsi canggih. Selain ponsel, emas juga digunakan dalam industri pembuatan GPS, PDA, kalkulator canggih, dan sejenisnya.

Kedelapan , bidang teknologi. Pesawat ruang angkasa ternyata juga menggunakan bahan emas sebagai bahan lapisan untuk kendaraan. Emas memiliki sifat yang sangat baik dan tahan terhadap panas matahari. Bahkan sekarang emas juga dapat dipakai sebagai bahan lapisan untuk pelindung kepala untuk astronot. Meskipun emas dipakai dalam kadar yang kecil, tapi peran emas sangat besar untuk melindungi awak pesawat ruang angkasa dari panas.

Kesembilan , bidang kesehatan. Salah satu fungsi emas di bidang kesehatan yang paling terkenal adalah untuk menambal gigi. Gigi yang tanggal bisa diganti dengan gigi palsu berlapis emas. Emas dipilih karena sifat logam yang tidak bereaksi terhadap oksidasi. Emas tidak akan berkarat sehingga menjadikannya logam yang paling aman untuk menggantikan gigi.

Emas juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena berdampak pada peningkatan sistem peredaran darah. Emas juga bisa dijadikan sebagai sarana perawatan kulit oleh karena bisa mendukung pemulihan sel-sel kulit yang sudah mati sehingga penampilan kulit menjadi lebih indah.

Demikian beragam manfaat emas selain untuk investasi yang perlu kamu ketahui. Pegadaian Syariah juga menyediakan layanan bagi kamu yang ingin memanfaatkan emas untuk investasi melalui produk Mulia. Di sini, kamu bisa memiliki emas baik secara tunai maupun secara angsuran. Layanan ini bisa menjadi alternatif pilihan investasi yang aman untuk mewujudkan kebutuhan masa depan, seperti menunaikan ibadah haji, mempersiapkan biaya pendidikan anak, memiliki rumah idaman serta kendaraan pribadi.

Keunggulan layanan Mulia adalah tersedianya pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 5 gram s.d. 1 kilogram. Emas batangan dapat dimiliki dengan cara pembelian tunai, angsuran, kolektif (kelompok), ataupun arisan dengan uang muka sekitar 10%-90% untuk arisan dan 15%-90% untuk uang muka selain arisan dari nilai logam mulia. Mulai investasi sedini mungkin untuk berkah di masa mendatang. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Ini Dia Beragam Manfaat Emas Selain untuk Investasi"