Ini Dia Cara Kredit Motor Tanpa Riba - Pegadaian Syariah
logo

Ini Dia Cara Kredit Motor Tanpa Riba

2 bulan yang lalu    
Ini Dia Cara Kredit Motor Tanpa Riba

Kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan pokok ( hajat ) manusia, yang mana ketika tiada hal tersebut  ( hajat ) tidak akan menyebabkan kita mati atau musnah, namun bisa menyebabkan kesulitan dan kesempitan.

Pemenuhan hajat atas kendaraan bermotor ini bisa dipenuhi dengan cara transaksi jual beli atau pembiayaan sejenisnya yang tidak melibatkan skema riba . Riba pada pembiayaan adalah ketika adanya pinjaman yang bersyarat aliran manfaat bagi pemberi pinjaman. Kredit motor tanpa riba berarti kepemilikan motor secara tidak tunai dengan transaksi yang tidak melibatkan pinjaman bersyarat manfaat bagi pemberi pinjaman.

Berikut ini ada beberapa cara dan tahapan yang bisa kamu lakukan dalam rangka kredit motor tanpa riba.

Pertama , persiapkan mental amanah. Kesiapan mental amanah merupakan hal yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 1 yang berbunyi, “ Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. ” Ibnu Katsir menafsirkan bahwa Ali ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan ayat tersebut, yaitu janji-janji itu menyangkut hal-hal yang dihalalkan oleh Allah dan hal-hal yang diharamkan-Nya serta hal-hal yang difardukan oleh-Nya dan batasan-batasan (hukum-hukum) yang terkandung di dalam Al-Qur’an seluruhnya. Dengan kata lain, kita dilarang berbuat khianat dan tidak melanggar akad tersebut.

Kementerian Agama menafsirkan, aqad (perjanjian) mencakup janji prasetia hamba kepada Allah dan perjanjian yang dibuat oleh manusia dalam pergaulan sesamanya.  Mental ini sangat penting dipersiapkan agar bisa amanah dalam kontrak. Ketika seseorang akan memeroleh fasilitas kredit, hal penting yang dianalisis adalah karakter mental amanah ini.

Kesiapan mental amanah ini bisa berdampak positif pada keyakinan surveyor atau analis kredit yang datang menemui kamu, sehingga surveyor atau analis kredit (pembiayaan) bisa semakin yakin untuk menyetujui kredit motor yang kamu ajukan.

Kedua , persiapkan penghasilan. Hal berikutnya yang perlu kamu siapkan adalah kapasitas atau kemampuan bayar. Kemampuan bayar ini ditandai dengan kesiapan penghasilan seperti gaji atau harta sumber penghasilan lain. Hal ini penting kamu persiapkan dengan perencanaan yang matang agar ke depan bisa melakukan angsuran kredit sesuai jadwal angsuran. Selain penghasilan, kamu juga perlu mempersiapkan dana di awal seperti DP ( down payment ) serta biaya lain yang diperlukan ketika proses pembiayaan motor.

Ketiga , persiapkan berkas legal yang diperlukan. Satu hal yang tak kalah penting dan merupakan hal pokok adalah kesiapan berkas. Sepertinya sederhana, namun penting untuk disiapkan seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, slip gaji, atau berkas dokumen lain yang diperlukan dalam proses pembiayaan.

Kamu juga perlu memerhatikan dokumen legal terkait motor tersebut, seperti atas nama pada BPKB dan STNK, atas nama pada kontrak legal, serta dokumen terkait lainnya. Kamu juga perlu memerhatikan isi kontrak legal yang kamu tanda tangani. Perhatikan klausul pasal demi pasal, terutama pasal kewajiban, konsekuensi atas kontrak legal serta hal lain yang berdampak terhadap kontrak kredit motor tersebut. Jangan lupa kamu baca rinci polis pada asuransi motor tersebut agar ke depan kamu bisa melakukan klaim atas fasilitas asuransi syariah yang diberikan.

Keempat , pilih lembaga keuangan sesuai syariah. Kredit motor tanpa riba sejatinya bisa melalui siapa saja asalkan sesuai syariah. Salah satu lembaga yang melayani kredit motor tanpa riba adalah lembaga keuangan syariah (LKS).

Ada beberapa alternatif skema kontrak kredit motor tanpa riba di LKS. Misalnya adalah kontrak jual beli tegaskan untung ( murabahah ), kontrak sewa berakhir lanjut milik ( ijarah muntahiya bit tamlik ), kontrak kongsi berkurang dan sewa ( musyarakah mutanaqishah ). Skema kontrak paling populer yang digunakan untuk kredit motor adalah jual beli tegaskan untung ( murabahah ), terutama jika motor yang dikredit adalah motor baru.

Setiap jenis kontrak memiliki alur dan konsekuensi yang berbeda-beda. Dengan demikian, penting bagi kamu untuk memahami setiap alur dan konsekuensi dari setiap kontrak (akad). Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi kamu sekaligus bisa memperkirakan berbagai konsekuensi ke depannya terkait jenis akad yang kamu pilih dalam rangka kredit motor.

Kelima , patuhi kontrak. Setelah pembiayaan motor yang kamu ajukan disetujui, kamu upayakan untuk selalu mengangsur tepat waktu, jangan sampai terlewat jadwal angsuran. Niat baik kamu bisa berdampak positif terhadap kondisi kehidupan dan keuangan kamu oleh karena kebaikan dan itikad baik, akan menghadirkan kebaikan-kebaikan lainnya.

Bagi kamu yang ingin kredit motor tanpa riba, kamu bisa mendatangi Pegadaian Syariah terdekat dengan menikmati layanan produk pembiayaan Amanah . Pembiayaan Amanah diperkenankan bagi karyawan tetap maupun pebisnis UKM untuk memiliki motor atau mobil dengan cara angsuran.

Pembiayaan Amanah mengedepankan uang muka yang terjangkau, angsuran tetap per bulannya, jangka waktu pembiayaan yang fleksibel, serta sesuai prinsip syariah yang adil dan menenteramkan.

Bagi kamu yang ingin mengajukan pembiayaan Amanah, perhatikan dulu syarat-syaratnya. Kamu harus menjadi pegawai tetap suatu instansi pemerintah/swasta minimal telah bekerja selama 2 tahun, melampirkan kelengkapan seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi SK pengangkatan sebagai pegawai/karyawan tetap, rekomendasi atasan langsung, slip gaji 2 bulan terakhir, mengisi dan menandatangani form aplikasi Amanah, membayar uang muka yang disepakat, dan menandatangani akad Amanah.

Selain itu, bagi kamu yang memiliki emas, kamu juga bisa menggadaikan emas kamu di Pegadaian Syariah dalam rangka memeroleh dana yang bisa kamu pergunakan untuk kebutuhan DP kredit motor. Cara ini bisa kamu lakukan asalkan kamu bisa mengukur diri tetap bisa membayar ongkos titip gadai emas sekaligus membayar angsuran kredit motor kamu.

Demikian uraian tentang cara kredit motor tanpa riba dan solusinya. Semoga bermanfaat. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Ini Dia Cara Kredit Motor Tanpa Riba"