Ini Dia Cara Pembiayaan Syariah untuk Kendaraan Bermotor - Pegadaian Syariah
logo

Ini Dia Cara Pembiayaan Syariah untuk Kendaraan Bermotor

8 bulan yang lalu    
Ini Dia Cara Pembiayaan Syariah untuk Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Punya kendaraan bermotor tak lagi menjadi kebutuhan sekunder, namun sudah bergeser menjadi kebutuhan pokok. Tak salah jika kamu pun merasa perlu memiliki kendaraan bermotor.

Kepemilikan kendaraan bermotor tak harus dibayar secara kontan. Berbagai Lembaga Keuangan Syariah (LKS) telah memberikan fasilitas kepemilikan kendaraan bermotor secara angsuran. Berikut ini ada beberapa cara yang perlu kamu lakukan agar pembiayaan syariah yang kamu ajukan bisa disetujui.

Pertama, jaga karakter yang baik. Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap menjaga karakter yang baik. Ini merupakan faktor pertama dan utama agar pembiayaan kamu disetujui. Secara alami, karakter yang baik akan terlihat oleh analis pembiayaan syariah ketika kamu berinteraksi dengan pihak LKS.

Jagalah cara komunikasi yang baik dengan siapapun. Tidak menutup kemungkinan, pihak analis LKS mengamati karakter kamu dengan meminta pendapat dari tetangga sebelah atau teman kamu atau atasan kamu di kantor. Hal itu sangat mungkin terjadi. Oleh karena itu, teruslah menjaga karakter yang baik, di mana pun kamu berada.

Satu hal teknis yang sangat penting terkait dengan penjagaan karakter adalah bersihnya BI Checking atau yang saat ini disebut dengan Ideb SLIK (Informasi Debitur, Sistem Layanan Informasi Keuangan). Bersihkan diri kamu dari daftar hitam nasional. Jika ada angsuran kamu di tempat lain yang menunggak, segera lakukan angsuran dengan normal.

Kedua, siapkan dana untuk uang muka. Hal penting berikutnya yang perlu kamu siapkan adalah dana sebesar 10% s.d. 30% sebagai uang muka pembiayaan. Regulasi di LKS tertentu mengatur bahwa uang muka atau DP (Down Payment) untuk kendaraan bermotor bisa sebesar 10%.

Ketiga, pilih LKS yang kredibel. Pilihlah LKS yang kredibel. Cara paling mudah memilih LKS yang kredibel adalah statusnya sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Salah satu fungsi utama dari perusahaan yang kredibel adalah dalam rangka keamanan dan kenyamanan kamu dalam bertransaksi. Perhatikan, transaksi pembiayaan syariah secara angsuran akan menyebabkan sertifikat kepemilikan kendaraan kamu dijadikan sebagai agunan. Perusahaan yang kredibel akan amanah menjaga benda-benda yang kamu agunkan dalam rangka kepemilikan kendaraan tersebut, tidak menyalahgunakannya, dan bisa memberikannya kepada kamu ketika kamu melakukan pelunasan secara normal maupun pelunasan dipercepat.

Keempat, pilih LKS dengan outlet banyak dan terjangkau. Berikutnya, pilihlah LKS yang memiliki jaringan luas, tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain merupakan ciri perusahaan yang kredibel, jaringan luas bisa memudahkan kamu melakukan transaksi, mencari informasi dengan cepat jika ada hal yang kamu perlukan terkait proses pembiayaan kamu dari awal pengajuan, persetujuan, angsuran, sampai penyelesaian pembiayaannya.

Kelima, siapkan berkas. Jangan lupa, jauh-jauh hari kamu bisa siapkan berkas yang dibutuhkan dalam pengajuan pembiayaan. Misalnya, kartu identitas diri baik KTP atau kartu lainnya, Kartu Keluarga, NPWP (jika ada). Jika kamu bukan karyawan dan status kamu adalah pengusaha, maka persiapkan berkas-berkas legal terkait usaha kamu, seperti SIUP, TDP, NPWP perusahaan, dan berkas lain terkait.

Keenam, pilih jangka waktu pembiayaan sesuai kondisi keuangan. Ketika kamu sudah menentukan pilihan transaksi atau akad kepemilikan dengan LKS, pilihlah jangka waktu angsuran sesuai kondisi keuangan kamu. Semakin lama jangka waktu angsuran, harga atau jumlah kewajiban kamu ke LKS semakin besar. Semakin lama jangka waktu angsuran, semakin kecil jumlah angsuran kamu setiap bulannya.

Ketujuh, pilih layanan terbaik. Kamu tentu bisa membandingkan LKS yang satu dengan LKS yang lainnya dari sisi layanan. Misalnya, dari sisi komunikasi marketingnya ke kamu, ramah atau tidak, marketingnya bermental membantu atau tidak, pelayanan di kantornya bagus atau tidak, fasilitasnya bagus atau tidak. Kamu bisa menilai, membandingkan berbagai LKS yang ada kemudian menentukan pilihan.

Kedelapan, pilih akad yang sesuai kondisi kamu. Ada berbagai akad pembiayaan kendaraan bermotor sesuai syariah. Masing-masing akad memiliki karakter dan risiko yang berbeda-beda. Akad-akad tersebut adalah jual beli tegaskan untung, sewa berakhir lanjut milik, kongsi berkurang bersama sewa, pinjaman dan jual beli jasa.

Pada akad jual beli tegaskan untung, kamu melakukan transaksi jual beli dengan LKS. Misalnya LKS beli kendaraan dari Dealer seharga 10.000.000, kemudian dijual ke kamu seharga 15.000.000. LKS ambil untung 5.000.000. Angsuran kamu pasti, hutangnya jelas, dan tidak akan bertambah.

Demikian cara pembiayaan syariah untuk kendaraan bermotor. Dalam rangka memenuhi kebutuhan kamu terkait pembiayaan tersebut, kamu bisa mengajukan pembiayaan Amanah di outletPegadaian Syariah terdekat. Pembiayaan ini berprinsip syariah yang ditujukan bagi karyawan tetap maupun pegiat UMKM untuk memiliki kendaraan bermotor dengan cara angsuran. Dengan prosedur yang sederhana, cepat, dan mudah, kamu bisa mengangsur kendaraan mulai dari 12 bulan sampai dengan 60 bulan. Tunggu apalagi? Yuk, miliki kendaraan impian dengan cara yang tepat untuk hasil yang lebih berkah.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Ini Dia Cara Pembiayaan Syariah untuk Kendaraan Bermotor"