Ketahui Macam-Macam Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun - Pegadaian Syariah
logo

Ketahui Macam-Macam Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun

5 bulan yang lalu    
Ketahui Macam-Macam Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun

Doa atau permohonan kepada Tuhan yang Maha Kuasa tidak bisa dilepaskan dari kehidupan umat manusia. Sebagaimana Allah SWT firmankan dalam Surat Al-Ghafir ayat 60, “ Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. ’"

Ayat ini menunjukkan agungnya karunia dan rahmat Allah SWT  kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, karena Allah SWT memotivasi mereka untuk selalu berdo’a kepada-Nya, yang itu merupakan kunci kebaikan diri mereka di dunia dan akhirat, dan Allah SWT menjanjikan pengabulan do’a mereka.

Bahkan di akhir ayat ini, Allah SWT  memberikan ancaman keras bagi orang yang menyombongkan diri dan berpaling dari berdoa kepada-Nya. Inilah makna sabda   Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , sesungguhnya barangsiapa yang enggan untuk memohon kepada Allah SWT maka Dia (Allah SWT) akan murka kepadanya (hamba).

Maka patutlah kiranya kita sebagai hamba Allah untuk selalu memohon dengan doa terlebih pada saat sekarang ini kita memasuki pergantian tahun dari tahun 2018 ke tahun 2019. Sudah menjadi tradisi bahwa pergantian tahun masehi ini diisi dengan berbagai aktivitas yang mirip dengan pergantian tahun hijriah, misalnya pembacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun.

Doa awal tahun dilengkapi dengan sebelumnya membaca doa akhir tahun. Dalam tradisi tahun baru hijriah, doa akhir tahun biasanya dibaca bakda asar menjelang magrib, sedangkan doa awal tahun dibaca tepat bakda magrib menjelang isya. Jika ingin membaca doa awal tahun setelah isya pun silahkan.

Pembacaan doa akhir tahun dan awal tahun hijriah ini dilakukan pada waktu-waktu tersebut oleh karena tahun baru hijriah menganut sistem qamariyyah yang ditandai dengan peredaran bulan. Sedangkan tahun baru masehi menganut sistem syamsiyyah yang ditandai dengan peredaran matahari. Namun, silahkan saja jika ingin membaca doa akhir tahun dan awal tahun baru masehi sesuai dengan waktu pembacaan doa akhir tahun dan awal tahun baru hijriah.

Perlu diketahui bahwa pembacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun bukan merupakan ritual ibadah mahdhoh (ibadah baku yang diperintahkan Allah SWT yang merupakan bagian dari Rukun Islam). Oleh sebab itu, ketika kamu menemukan perbedaan pendapat terkait hukum boleh atau tidaknya pembacaan doa akhir dan awal tahun ini, silahkan saja diyakini bahwa pembacaan doa tersebut bukan ritual ibadah mahdhoh sehingga boleh dilakukan.

 

Berikut ini adalah doa akhir tahun:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ ترْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

B ismillaahirrahmaanirrahiim, wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihissanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halimta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubatii wa da’autanii ilattaubati ba’da jaraa’ati alaa ma’shiyatika fa innii astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtanii ‘alaihitstsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzaljalaali wal ikram an tataqabbalahuu minnii wa laa taqtha’ rajaaii minka yaa kariim, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya: “ Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau. Ya Allah! Apa yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, kemudian belum bertaubat, padahal Engkau tidak meridloi (merelakannya), tidak melupakannya dan Engkau bersikap lembut kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku untuk bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada MU, ampunilah aku! Dan apapun yang telah aku lakukan dari sesuatu yang Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada MU ya Allah, Dzat Yang Maha Pemurah, Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, terimalah persembahanku dan janganlah Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat Yang Maha Pemurah! Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau .”

 

Berikut ini doa awal tahun:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَاَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwalu, wa haadza ‘aamun jadiidun qad aqbala ilainaa as’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihii wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaali bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa yaa dzal-jalaali wal-ikram. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya: “ Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah! Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba: kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih!”

Demikian pembacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun, semoga pada seluruh hari yang kita jalani, berlimpah manfaat dan barakah dari Allah SWT. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Ketahui Macam-Macam Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun"