Mengenal Aplikasi Haji Pintar - Pegadaian Syariah
logo

Mengenal Aplikasi Haji Pintar

10 bulan yang lalu      Haji
Mengenal Aplikasi Haji Pintar

Teknologi kekinian semakin modern dan canggih. Kementerian Agama pun tak mau ketinggalan. Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama merilis aplikasi Haji Pintar versi terbaru.

Aplikasi ini sudah memasuki generasi ketiga. Pada generasi ini, sudah dilakukan upgrade dengan menambahkan beberapa fitur baru, seperti keberadaan Al-Qur’an digital, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Makkah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu update tiap harinya, dan itinerary (rencana perjalanan ibadah haji).

Dengan demikian, semua calon ibadah haji pun sudah bisa mengunduh sejak sekarang, mencoba penggunaannya agar nanti ketika sedang menjalankan ibadah haji sudah familiar dalam penggunaannya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun menyarankan kepada para calon jemaah haji untuk mempersiapkan diri dengan menggunakan aplikasi Haji Pintar yang bisa diunduh di smartphone. Hal ini dilakukan agar calon jemaah haji bisa memahami kondisi prosesi haji, dan mengetahui kondisi di Tanah Suci.

Pengembangan aplikasi ini diharapkan menjadi bagian dari upaya Ditjen PHU dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji. Pengembangan aplikasi berbasis smartphone atau ponsel pintar ini diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji. 

Selain panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, aplikasi Haji Pintar ini juga memuat beberapa informasi seperti mengecek informasi tahun keberangkatan Jemaah Haji, lokasi pemondokan di Makkah dan Madinah serta lokasi tenda maktab, informasi konsumsi, informasi cuaca, informasi rute bus shalawat, informasi kesehatan dan informasi penting lainnya.

Selain itu, aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 ini juga memuat informasi tentang jadwal keberangkatan kloter untuk keberangkatan dan kepulangan, doa-doa, serta informasi layanan pengaduan dan whatsapp. 

Jika ada jamaah yang tersesat pun bisa terselesaikan dengan baik karena ada peta lokasi dan petunjuk arah yang terintegrasi dengan GPS ponsel dan nomor lokasi pemondokan. Ke depan, semoga aplikasi ini bisa dikembangkan dengan menghubungkan perangkat wearable seperti gelang jamaah, agar petugas haji yang mendampingi jamaah bisa melacak keberadaan jamaah haji yang hilang dengan cepat.

Aplikasi ini masih terus akan dilakukan pengembangan. Sampai saat ini, beberapa data juga masih dalam proses update, antara lain terkait data perumahan, transportasi, katering, dan jadwal penerbangan.

Dalam aplikasi tersebut terdapat banyak informasi yang bisa sangat membantu mulai dari persiapan di Tanah Air, menjelang perjalanan, selama di Tanah Suci, proses ibadah haji, hingga jadwal perjalanan.

Contoh Menu

Terkait menu awal aplikasi Haji Pintar ini, pastikan Anda menemukan aplikasi Haji Pintar ini pada Google PlayStore dengan logo Kemenag, segi lima warna hijau. Tulisan Haji Pintar berwarna merah putih, warna merah untuk tulisan Haji dan warna putih untuk tulisan pintar.

Contoh menu lain adalah menu pencari otomatis yang memudahkan melihat nama hotel, melihat foto bentuk hotel, fasilitas hotel, nomor hotel, dan lokasi Anda berada saat Anda mengakses informasi tersebut. Hal ini membuat Anda memiliki gambaran yang akurat tentang hotel yang akan dipergunakan.

Contoh menu makanan, Anda akan memperoleh informasi menu makanan setiap hari Senin sampai Ahad, mulai dari menu pagi, siang, dan malam, dengan disebutkan lengkap daftar menu dari nasi, jenis lauk, jenis sayur, jenis buah sampai dengan minumannya.

Contoh menu jadwal keberangkatan dan kepulangan, Anda akan memperoleh informasi rinci mengenai nomor kloter, tanggal dan jam masuk asrama, jadwal berangkat ke Arab Saudi dari informasi nomor pesawat, bandara, tanggal dan jamnya, serta tiba di Arab Saudi dari informasi nama bandara, tanggal, dan jam kedatangan.

Contoh menu doa-doa, misalnya pada saat sa’i, Anda akan dengan mudah menemukan doa sa’i awal, doa sa’i putaran 1, sampai putaran ke 6. Pada saat thawaf, tahallul dan aktivitas haji lainnya pun akan ada doa-doa yang ditayangkan pada aplikasi tersebut.

Sungguh aplikasi ini memudahkan para jamaah haji. Petugas haji pun akan mudah mengakses dan melakukan komunikasi dengan para jamaahnya, karena ada teknologi komunikasi yang memudahkan koordinasi antara jamaah dengan para pembimbingnya.

Semoga jamaah haji bisa menjalankan haji dengan semakin mudah dan mabrur. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan ibadah haji dengan prosedur mudah dan terjangkau, Anda bisa menggunakan produk Arrum Haji Pegadaian Syariah.

Pembiayaan Arrum Haji pada Pegadaian Syariah adalah layanan yang memberikan Nasabah kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji. Anda cukup menyerahkan jaminan emas minimal Rp 7 juta plus bukti SA BPIH SPPH & buku tabungan haji Uang Pinjaman Rp 25 juta dalam bentuk tabungan haji untuk disimpan di Pegadaian Syariah, maka Anda sudah bisa memperoleh nomor porsi keberangkatan haji.

Keunggulan produk ini adalah memperoleh tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji. Emas dan dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian Syariah, apalagi Pegadaian Syariah adalah perusahaan milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Biaya pemeliharaan barang jaminan terjangkau, disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Selain itu, jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat lunas.

Persyaratan untuk memanfaatkan produk Arrum Haji ini juga mudah, yakni Anda memenuhi syarat sebagai pendaftar haji, dan fotokopi KTP. Semoga upaya Pegadaian Syariah ini bisa memudahkan langkah Anda memperoleh predikat haji yang mabrur. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com




Komentar Artikel "Mengenal Aplikasi Haji Pintar"