Mengulas Pinjaman Syariah dengan Jaminan BPKB Motor di Pegadaian Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Mengulas Pinjaman Syariah dengan Jaminan BPKB Motor di Pegadaian Syariah

8 bulan yang lalu    
Mengulas Pinjaman Syariah dengan Jaminan BPKB Motor di Pegadaian Syariah

Buat kamu para pengusaha mikro yang memiliki kendaraan lengkap dengan BPKB-nya dan ingin memperoleh pinjaman sesuai syariah dan dikembalikan secara angsuran, maka kamu tidak usah khawatir. Pegadaian Syariah memberikan solusi mudah, aman, berkah, tepat caranya, sesuai syariah lewat produk ARRUM BPKB.

Pembiayaan ARRUM (Ar Rahn Untuk Usaha Mikro) BPKB pada Pegadaian Syariah memudahkan para pengusaha kecil untuk mendapatkan modal usaha dengan jaminan kendaraan. Kendaraan tetap bisa kamu pergunakan untuk mendukung usaha sehari-hari. Kamu bisa memaksimalkan daya guna kendaraan kamu.

Model bisnis pembiayaan ARRUM BPKB ini dimulai dengan nasabah mengajukan permohonan pembiyaaan usaha. Selanjutnya, tim mikro melakukan verifikasi dokumen dan analisis usaha. Kemudian analis kredit (pembiayaan) melakukan survei tempat dan kondisi usaha serta survei agunan. Setelah analisis pembiayaan memenuhi kriteria, maka tim mikro menyetujui besaran pembiayaan. Setelah pembiayaan disetujui, nasabah menerima uang pinjaman.

Hukum T ransaksi

Skema transaksi (akad) yang dipergunakan produk ini mengacu pada Fatwa DSN MUI No. 92/DSN-MUI/IV/2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn (gadai). Berdasarkan pada Fatwa tersebut, bisa dicermati bahwa model bisnis pembiayaan ARRUM BPKB ini menggunakan skema pinjaman.

Sebagaimana aturan transaksi pinjaman, maka pihak Pegadaian Syariah tidak akan mengambil kelebihan bayar atau keuntungan dari skema pinjaman tersebut. Hal ini tidak dilakukan Pegadaian Syariah oleh karena pengenaan kelebihan bayar atas pinjaman adalah transaksi riba.

Pegadaian Syariah mengambil keuntungan atau pendapatan dari mu`nah (jasa pemeliharaan/penjagaan) atas barang yang digadaikan. Besaran fee (ujrah) yang dikenakan pihak Pegadaian Syariah ini ditetapkan pada saat akad dilaksanakan. Perhatikan, pada akad pinjaman, maka keuntungan yang diambil Pegadaian Syariah berasal dari jasa pemeliharaan/penjagaan atas barang yang digadaikan. Dengan demikian, skema transaksi Pembiayaan ARRUM BPKB ini hukumnya halal, sudah sesuai dengan syariah Islam.

Keunggulan P roduk

Berikut ini ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh produk pembiayaan ARRUM BPKB.

Pertama, proses transaksi pembiayaan ini berprinsip syariah yang adil dan menenteramkan sesuai Fatwa 92/DSN-MUI/IV/2014 tentang Pembiayaan yang Disertai Rahn serta Fatwa No. No. 89/DSN-MUI/XII/2013 tentang Pembiayaan Ulang (Refinancing) Syariah.

Kedua, proses pembiayaan dilayani di lebih dari 600 outlet Pegadaian Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi kamu yang berada di pelosok, tidak usah khawatir, tinggal datang ke kantor Pegadaian Syariah terdekat, ajukan pembiayaan atau pinjaman modal usaha dengan jadminan BPKB, persiapkan berkas persyaratannya. Pembayaran angsuran pun bisa kamu lakukan di seluruh outlet Pegadaian Syariah.

Ketiga, pembiayaan berjangka waktu fleksibel mulai dari 12, 18, 24, sampai dengan 36 bulan. Kamu bisa mengajukan pembiayaan dengan berbagai pilihan variasi jangka waktu angsuran sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Jangan lupa, pilihan jangka waktu ini akan berpengaruh pada besaram total kewajiban kamu nantinya. Semakin panjang jangka waktu yang kamu pilih, semakin ringan angsuran kamu.

Keempat, Pegadaian Syariah juga memberikan tarif (mu'nah) yang menarik dan kompetitif. Jadi, selain jaminan cara transaksinya tepat sesuai Syariah, dari sisi tarif yang dibayarkan juga dibuat agar kompetitif.

Kelima, prosedur pelayanan sederhana, cepat dan mudah. Kamu tentu sudah tahu standar layanan pegadaian, oleh karena pegadaian sudah hadir di tengah masyarakat sejak lama. Model bisnisnya pun tidak ribet, pelayanan sederhana, cepat dan mudah.

Keenam, Pegadaian Syariah hanya membutuhkan BPKB kendaraan kamu untuk disimpan. Kendaraan kamu tetap bisa kamu pergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Persyaratan

Berikut ini adalah persyaratan pengajuan pembiayaan Arrum BPKB.

Pertama, kamu memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan usaha dan usaha kamu telah berjalanan 1 (satu) tahun atau lebih.

Kedua, usia kamu saat pengajuan adalah minimal 21 tahun, atau sudah menikah. Ini merupakan standar usia nasabah yang layak diberikan pembiayaan. Hal ini bisa kamu buktikan dengan menyerahkan fotocopy KTP dan Kartu Keluarga.

Ketiga, menyerahkan dokumen yang sah, termasuk dokumen kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB asli, fotocopy STNK dan faktur pembelian). Dokumen-dokumen ini yang akan dijadikan sebagai agunan yang akan disimpan oleh Pegadaian Syariah.

Transaksi ini cukup unik, berbeda dengan pembiayaan lainnya oleh karena sebelum akad dilakukan, kamu sudah memiliki kendaraannya.

Sebagai ilustrasi, ketika kamu punya kendaraan yang ditaksir senilai Rp 10.000.000, maka perkiraan maksimal uang pinjaman yang bisa kamu terima adalah sebesar Rp 7.000.000. Sebagai ilustrasi, jika akad yang kamu pilih adalah dengan jangka waktu 12 bulan, maka angsuran pokok (pinjaman) kamu adalah Rp 7.000.000 : 12 bulan = Rp 583.333. Sedangkan angsuran biaya pemeliharaan atau penjagaan agunan (mu`nah) yang kamu bayarkan misalnya 0,7% x taksiran kendaraan kamu (Rp 10.000.000) = Rp 70.000. Sehingga, total angsuran yang kamu bayarkan ke Pegadaian Syariah adalah Rp 583.333 + Rp 70.000 = Rp 653.333 setiap bulan selama 12 bulan.

Demikian uraian tentang cara pembiayaan usaha dengan jaminan BPKB. Silakan kamu ajukan pembiayaannya, penuhi syaratnya, proses mudah, cepat, sederhana, dengan angsuran terjangkau. Semoga bermanfaat!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Mengulas Pinjaman Syariah dengan Jaminan BPKB Motor di Pegadaian Syariah"