Pinjaman Syariah yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga - Pegadaian Syariah
logo

Pinjaman Syariah yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

6 bulan yang lalu    
Pinjaman Syariah yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Semua transaksi berasal dari bahasa. Semua transaksi legal formal bermula dari istilah dan makna yang disepakati secara legal. Semua transaksi halal akan bermula dari definisi yang sudah disepakati sebagai suatu transaksi yang halal. Jangan sepelekan bahasa, apalagi jika berkaitan dengan legal formal.

Pinjaman berarti memberikan sesuatu kepada orang lain untuk dikembalikan seperti semula, baik berupa dana maupun barang. Dari pemahaman ini, kamu akan bisa memahami tentang transaksi pinjaman yang sesuai syariah dan yang tidak sesuai syariah.

Dalam transaksi keuangan syariah, pada akad pinjaman berlaku hukum pinjaman tanpa kelebihan pengembalian. Ketika pinjaman disyaratkan ada manfaat atau kelebihan dalam pengembalian yang diberikan kepada pemberi pinjaman, maka akan terkena hukum riba. Riba merupakan transaksi yang dilarang oleh syariat Islam.

Transaksi pinjaman adalah transaksi motif nonprofit. Jika menjalankan transaksi motif profit atau bisnis sesuai syariah, pasti akadnya adalah transaksi motif profit, yakni akad dagang (yang akadnya lazim dikategorikan sebagai akad pembiayaan). Akad dagang dibagi menjadi dua besaran, yakni jual beli dan kongsi (yang pasti harus melalui jual beli). Konsep ini harus dipegang kuat oleh siapapun yang ingin bertransaksi secara syariah, agar bisa memahami transaksinya secara akurat.

Salah satu kategori pelaku bisnis adalah ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga adalah salah satu unsur terpenting dalam keluarga. Sudah menjadi kewajaran jika ibu rumah tangga akan mengatur berbagai keperluan rumah tangga, utamanya dalam mengatur keuangan keluarga. Kesejahteraan ibu adalah indikator kesejahteraan keluarga.

Di sela kesibukannya, tidak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki hobi menjalankan bisnis, baik bisnis berbasis online maupun offline. Pada mulanya, ibu rumah tangga ini hanya bermodal kuota gadget dan kemampuan jualan di media sosial. Lama-lama, usahanya berkembang, sehingga butuh modal usaha yang signifikan.

Sebenarnya, seperti apa sih pinjaman syariah yang cocok untuk ibu rumah tangga dalam Lembaga Keuangan Syariah (LKS)? Salah satu yang cukup populer dari pinjaman syariah yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah Gadai Syariah atau RAHN. Pembiayaan berbasis gadai syariah ini sangat mudah dilakukan, asalkan Ibu-ibu memiliki barang berharga berupa emas, barang elektronik atau barang lain yang bisa diterima sebagai barang agunan di lembaga keuangan syariah, salah satunya Pegadaian Syariah. Tujuan pembiayaan juga bisa untuk transaksi konsumtif maupun produktif.

Ibu-ibu bisa membuka usaha dengan agunan emas atau barang berharga lainnya. Ibu-ibu memperoleh pinjaman, sedangkan pihak lembaga keuangan syariah memperoleh keuntungan dari jual jasa penyimpanan barang gadai. Jadi, semua pihak memperoleh keuntungan yang sah sesuai syariah.

Pada produk ini, Ibu-ibu juga bisa melakukan pembelian barang konsumtif, misalnya kendaraan bermotor, barang perhiasan, barang elektronik, barang perlengkapan rumah tangga dan berbagai barang lain yang halal. Bahkan, Ibu-ibu bisa menggunakan uang tersebut untuk bayar hutang, oleh karena akadnya adalah pinjaman yang bisa dipergunakan untuk hal apapun asalkan halal.

Selain itu ada juga pembiayaan ulang. Produk berbasis pembiayaan ulang ini tak banyak dimiliki oleh LKS. Namun, sudah ada LKS yang menerapkannya dan bisa menjadi solusi kebutuhan dana yang bisa dipergunakan untuk apapun asal halal. Salah satu produk pembiayaan ulang yang disajikan oleh Pegadaian Syariah adalah Arrum BPKB dengan objek agunan berupa kendaraan bermotor. Skemanya, Ibu-ibu yang memiliki kendaraan bermotor lengkap dengan STNK dan BPKB-nya bisa menjadikan surat-surat tersebut sebagai jaminan kemudian kendaraan tetap pada pemiliknya sehingga dapat digunakan untuk mendukung usaha sehari-hari. Uang hasil gadai tadi bisa dipergunakan oleh Ibu-ibu sebagai modal usaha.

Demikian beberapa alternatif pembiayaan syariah yang sekiranya cocok untuk ibu rumah tangga. Pastikan transaksinya harus menggunakan transaksi berbasis syariah agar mendapat keberkahan dari Allah SWT. Amin.

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Pinjaman Syariah yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga"