Ragam Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Coba - Pegadaian Syariah
logo

Ragam Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Coba

3 minggu yang lalu    
Ragam Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Coba

Seorang pebisnis tentu wajar saja jika ingin memeroleh keuntungan yang besar. Kalau bisa, keuntungan itu diperoleh dengan modal yang kecil. Sebagai pedoman, ada hadits dari Rifa’ah Ibnu Rafi’ bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya, pekerjaan apakah yang paling baik, Rasulullah SAW bersabda: “ Pekerjaan seseorang dengan tangannya dan setiap jual-beli yang bersih ” (Riwayat al-Bazzar, hadits shahih menurut Hakim).

Hadits tersebut menegaskan bahwa menurut syariat Islam, sumber rezeki yang paling baik adalah berasal dari tangan sendiri dan setiap jual beli yang bersih. Kitab Subulus Salam menafsirkan hadits tersebut bahwa jual beli yang bersih adalah jual beli yang terhindar dari transaksi tidak sesuai syariah, seperti riba, zhalim dan maksiat. Jadi, terkait keinginan memeroleh keuntungan besar dengan modal kecil, silahkan saja asalkan tidak melakukan transaksi yang dilarang syariah.

Tentu selain dari transaksinya yang bersih benda yang diperjual belikan juga merupakan benda yang suci (halal) dan dapat diambil manfaatnya. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 168 “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS: al-Baqarah:168).

Artinya bukan sekedar bersih (halal) benda atau alatnya, tapi juga bagaimana mendapatkannya pun harus halal. Kalau sumbernya haram seperti korupsi, mencuri, merampok, menggusur tanah rakyat dengan harga yang rendah, maka bisnis atau transaksi yang dilakukan sebetulnya halal, tetap menjadi haram. Oleh karena itu, seorang pebisnis tak cukup hanya mengetahui dan memahami ilmu bisnis namun juga harus benar-benar jeli dan faham atauran bisnis dalam syariat Islam.

Selanjutnya perhatikan bahwa ada dua jenis kontrak bisnis, yakni kongsi dan jual beli. Setiap kongsi, akan ada keuntungan jika sudah melalui jual beli. Ada dua jenis jual beli dari sisi objeknya, yakni jual beli barang dan jual beli manfaat. Ada dua jenis jual beli manfaat, yakni jual beli manfaat barang (sewa) dan jual beli manfaat perbuatan (jasa). Dari sini bisa disimpulkan bahwa pemilik usaha, karyawan, pemodal, itu semua melakukan aktivitas pekerjaan dari tangannya sendiri.

Rumusan tersebut menegaskan bahwa posisi pebisnis itu bisa sebagai pemilik usaha, pemilik modal, dan karyawan. Peran pengusaha saat ini bisa berkembang di banyak posisi, yakni bisa sebagai supplier, pemodal, makelar, dropshipper , reseller , ada lagi bisnis jastip (jasa titip) dan lain-lain. Semua posisi tersebut sangat penting bagi ekosistem bisnis.

Berikut ini ada beberapa ragam bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba. Kamu bisa berposisi sebagai apapun sesuai dengan keahlian dan peluang yang kamu miliki.

Pertama, bisnis dropship. Skema bisnis ini adalah ketika ada barang yang dijual, penjualnya sendiri belum tentu pernah melihat barang yang dimaksud, kemudian ada pemesan barang, terjadilah transaksi jual beli pesanan barang yang dimaksud. Selain barang, manfaat (sewa dan jasa) juga bisa diperjualbelikan dengan cara dropship ini. Contoh paling populer adalah pesan jasa ojek online , manfaatnya belum dilakukan atau diserahkan, tapi sudah ada transaksi jual beli.

Transaksi ini sudah sesuai syariah Islam. Transaksi ini disebut dengan jual beli pesanan barang ( bay maushuf fi dzimmah atau bay salam ), ada juga yang disebut dengan jual beli pesanan manfaat ( ijarah maushufah fi dzimmah ). Jual beli seperti ini boleh dilakukan, asalkan pesanan barang atau manfaat yang spesifikasinya sudah disepakati, bisa benar-benar diserahkan. Jadi, jual beli menjadi sempurna ketika pesanan sudah diserahkan.

Pada bisnis dropship ini, kamu bisa berposisi sebagai supplier , penyedia lapak ecommerce , dropshipper , reseller , atau posisi lain yang berada dalam serangkaian bisnis berbasis dropship . Rumusnya satu saja, kamu bisa ambil profit ketika kamu menjual barang atau jasa atau manfaat barang.

Modal yang dibutuhkan tergolong kecil, bahkan sangat kecil jika kamu berposisi sebagai marketingnya. Kamu tinggal berjualan produk orang lain dengan media sosial yang kamu punya, kemudian kamu bisa kontak suppliernya jika sudah ada pembelian dari konsumen. Ongkos kirim ditanggung konsumen, proses kirim dilakukan oleh supplier . Sangat kecil modal yang kamu butuhkan.

Lain halnya jika posisi kamu adalah supplier , maka kamu perlu modal atau effort yang cukup untuk pembuatan barang atau jasa yang dipesan. Namun, kamu tidak perlu lagi memasarkan produk tersebut oleh karena ada orang lain yang memasarkan produk yang kamu buat.

Produk bisnis berbasis dropship yang saat ini marak di pasaran, ada banyak, misalnya kosmetik, baju, sepatu, gamis, buku, alat musik, aksesoris, kerudung, aneka makanan, aneka minuman dan berbagai produk lain yang banyak ditemui di pasaran bisnis ini. Lihat saja produk-produknya di media ecommerce .

Kedua, bisnis aneka makanan. Contoh makannya berupa pisang nugget, ceker ayam, ayam geprek, bakso aci, lemet jagung, jasuke (jagung susu keju), cilok kuah, somay, batagor, dan lain-lain. Produk ini biasanya dipasarkan di kalangan kampus, komunitas, komplek perumahan, dan lain-lain. Produk tersebut bisa kamu pesarkan secara online .

Kamu juga bisa berjualan kue kering, kue Lebaran, apalagi ini 2 bulan lagi mendekati bulan Ramadan, kamu bisa bersiap untuk bisnis aneka makanan ini dari sekarang.

Kamu juga bisa bisnis aneka menu sarapan, misalnya bubur, nasi kuning, lontong sayur, nasi uduk dan lain-lain. Kalau kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa berjualan di berbagai tempat dengan kemacetan tinggi. Kamu bisa mengemas makanan yang kamu jual dengan kemasan praktis, porsi sedang, dan menarik.

Ketiga, bisnis aksesoris perempuan. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang sedang laku dan hamper pasti selalu dibutuhkan. Contoh produknya adalah bros dagu, bros bahu, cincin handmade , gelang handmade , kalung handmade , anting handmade , buket wisuda, sepatu, ikat pinggang, sandal, tas,  kaca mata, topi, dan lain-lain.

Kamu bisa memasarkan produk ini ke berbagai komunitas, melalui media online , media sosial, dan lain-lain. Modal yang kamu butuhkan relatif kecil. Kamu bisa mengawali bisnis ini dengan menerima pesanan dengan jumlah kecil, lama-lama akan menjadi lebih besar. Produk ini juga bisa kamu pasarkan secara online .

Keempat, bisnis aneka minuman. Aneka minuman adalah produk yang selalu dibutuhkan masyarakat. Misalnya aneka jus, sop buah, es campur, green tea, thai tea, cappuccino cincau, es kepal milo, es liang teh, es kelapa, es dawet, es kacang hijau, es kolak, dan lain-lain.

Bisnis ini membutuhkan modal yang kecil. Namun, jika kamu ingin memperbesar bisnis ini, kamu perlu modal yang cukup besar, misalnya dengan menyewa kios khusus di tempat yang strategis. Menariknya, produk ini pun juga bisa kamu pasarkan secara online . Apalagi saat ini sudah ada penyedia layanan antar online dengan adanya ojek online . Hal ini memudahkan distribusi bisnis kamu.

Kelima, bisnis kerudung. Kamu bisa bisnis produk aneka kerudung seperti kerudung bergo atau kerudung instan, pashmina instan, kerudung segi empat motif, dan lain-lain. Kamu bisa memulai bisnis ini sebagai dropshipper atau reseller. Selanjutnya kamu bisa memiliki usaha sendiri, sewa kios atau bahkan ruko, jika kamu sudah punya modal yang cukup besar. Bisnis ini bisa kamu pasarkan secara online. Prospek bisnis ini cerah dan menguntungkan seiring dengan tren semangat bersyariah di berbagai kalangan.

Keenam, bisnis gamis, baju. Produk yang bisa kamu pasarkan misalnya gamis sarimbit untuk keluarga, baju couple anak dan ibu, batik aneka motif, baju lebaran, mukena, koko untuk balita dan batita, gamis untuk balita atau batita,  dan lain-lain. Prospek bisnis ini sangat cerah dan menguntungkan karena hampir selalu dibutuhkan masyarakat dari masa ke masa. Kamu perlu selalu kreatif dan inovatif agar konsumen tidak mudah bosan dengan produk yang kamu pasarkan. Produk ini juga bisa kamu pasarkan secara online .

Ketujuh, bisnis jasa konten. Bisnis ini modalnya kecil, yakni dengan gadget kamu bisa berjualan jasa konten, misalnya konten media sosial produk tertentu, penulisan artikel atau konten positif lain yang dibutuhkan oleh perseorangan atau perusahaan. Modal yang kamu butuhkan menjadi bertambah ketika pekerjaan kamu membutuhkan notebook atau laptop.

Lazimnya, bisnis ini sangat menguntungkan oleh karena modal yang dibutuhkan relatif kecil namun penghasilan bisa berlipat. Misalnya, ketika kamu membuat channel YouTube, dengan bermodal kreatif dan inovatif, ketika video kamu viral dan bermanfaat, maka puluhan juta per bulan bisa kamu peroleh secara rutin. Media sosial lain juga bisa berpotensi menghadirkan penghasilan signifikan asalkan kamu bisa mengelola dnegan tepat.

Demikian ragam bisnis modal kecil untung besar yang bisa kamu coba. Kalau kamu butuh modal yang cukup, kamu bisa mendatangi Pegadaian Syariah dengan memanfaatkan layanan Rahn untuk menggadaikan barang berharga yang kamu miliki dalam rangka menunjang modal bisnis yang kamu jalankan. Bersama Pegadaian Syariah, tepat caranya, berkah hasilnya!

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu
  3 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Ragam Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Coba"