Ragam Ide Usaha Halal yang Kreatif dan Inovatif - Pegadaian Syariah
logo

Ragam Ide Usaha Halal yang Kreatif dan Inovatif

1 bulan yang lalu    
Ragam Ide Usaha Halal yang Kreatif dan Inovatif

Saat ini sedang booming bisnis halal, mulai dari makanan halal, kosmetik halal, busana halal, jasa keuangan halal, hotel halal sampai pariwisata halal. Berbagai jenis bisnis ini ada yang membutuhkan modal kecil, sedang, dan besar. Berikut ini beberapa ragam ide usaha kreatif inovatif yang halal dan bisa kamu lakukan dengan modal terjangkau.

Pertama , bisnis handmade . Ini merupakan ide usaha kreatif inovatif yang paling populer. Handmade ini banyak ragamnya. Misalnya, kreasi aksesoris, barang-barang dari kain perca, kreasi dari kain flanel, hasil rajutan, kreasi gambar dan lukisan, kreasi bros cantik, kreasi sulam benang, dan berbagai ragam handmade lainnya.

Bisnis ini cenderung membutuhkan modal yang tidak besar. Hal penting yang dibutuhkan dari bisnis ini adalah ketelatenan dan kesabaran dalam membuatnya. Terkadang dibutuhkan waktu khusus untuk fokus membuatnya. Bisnis ini bisa dijalankan di waktu senggang, sambil melakukan berbagai aktivitas keseharian.

Hal pasti yang dibutuhkan dari bisnis ini adalah keterampilan khusus, minat bahkan bakat membuat handmade . Tidak semua orang bisa melakukannya. Orang yang bisa membuat bisnis handmade pun belum tentu ahli dalam memasarkannya. Bersyukurlah bagi yang bisa membuat handmade ini sekaligus memiliki naluri bisnis yang tinggi untuk memasarkannya.

Kedua , bisnis online . Bisnis berikutnya adalah bisnis online . Bisnis online ini berpotensi besar menghasilkan pendapatan tanpa terikat jam kerja dan bisa dilakukan di waktu luang bahkan bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja. Hanya saja, bisnis ini membutuhkan naluri tinggi dalam menjalankan transaksi berbasis online , familiar dengan perangkat online, terutama media sosial.

Objek bisnis online ini bisa beragam, mulai dari bisnis makanan, baju, buku, aksesoris, parfum dan berbagai barang lainnya. Media yang digunakan juga beragam seperti pasar komersial online , media sosial, dan berbagai sarana lainnya.

Agar bisnis online yang kamu jalankan terhukum halal, kamu perlu memperhatikan terpenuhinya rukun dan syarat transaksi, alur bisnisnya harus diperhatikan sesuai rukun dan syarat bisnis, objek bisnisnya harus jelas dan bisa diserahkan, objek bisnisnya harus sesuai pesanan, layanan pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan, pengaturan penanggung biaya retur, dan berbagai hal lain untuk mengantisipasi agar transaksi ini menghadirkan rasa rela sama rela antarpihak yang terlibat dalam bisnis.

Ketiga , bisnis laundry . Bisnis ini seakan tidak akan ada hentinya. Bisnis ini tak lagi hanya didominasi oleh orang perkotaan, bahkan di pedesaan pun mulai marak bisnis laundry . Bisnis laundry bisa dijalankan oleh setiap orang karena cenderung mudah dilakukan. Hanya saja, kamu bisa memberikan paket-paket menarik atas bisnis laundry yang kamu jalankan.

Kamu bisa memberikan nilai lebih bisnis ini dengan memberikan jasa atau layanan yang unik, misalnya antar jemput pesanan, kupon gratis laundry jika telah menggunakan jasa laundry dalam jumlah tertentu, laundry yang bisa ditunggu, ruang tunggu nyaman, diberi minuman, ada WIFI dan berbagai hal lain kekinian yang bisa membedakan fasilitas laundry kamu dibandingkan dengan laundry lainnya.

Keempat , bisnis pulsa. Pulsa seakan sudah menjadi kebutuhan primer, sehingga pulsa akan menjadi salah satu bisnis yang tetap ada dan dibutuhkan oleh masyarakat. Pulsa adalah barang yang mudah diperoleh di pasaran, sehingga kamu perlu memberikan nilai lebih pada bisnis pulsa yang kamu jalankan.

Nilai lebih bisnis pulsa yang bisa kamu tawarkan misalnya harga yang lebih murah dengan harapan laris manis sehingga pelanggan setia menjadi banyak, fasilitas parkir nyaman jika tempat jualan berupa kios, memberikan hadiah khusus bagi yang berlangganan beli pulsa, atau bisa memberikan layanan favorit yakni bisa hutang beli pulsa. Tentu saja skema ini harus kamu pikirkan risikonya.

Kelima , bisnis makanan. Bisnis makanan ini mulai dari bahan mentah makanan, bumbu dapur, sambal, krupuk, buah-buahan, sayur-sayuran, daging dan lain-lain. Begitu mendengar berbagai bahan makanan pokok tersebut, yang terbayang oleh kita biasanya adalah pasar tradisional atau pasar swalayan. Namun, saat ini sudah marak di kalangan ibu-ibu di perumahan bisa dan terbiasa melakukan transaksi jual beli dari rumah ke rumah dengan pesanan online .

Bisnis makanan ringan atau camilan juga merupakan bisnis populer di kalangan masyarakat. Selain itu, makanan populer lainnya yang hampir semua orang suka adalah gorengan. Kue juga merupakan bisnis makanan paling favorit, seperti brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, risoles, dan kue-kue lainnya.

Saat ini, jualan makanan tersebut bisa dijalankan secara online , baik melalui media sosial maupun lewat grup-grup WhatsApp, Instagram dan lain-lain. Apalagi bagi kamu yang punya komunitas khusus, kamu bisa jualan ke komunitas kamu. Bahkan antaranggota komunitas bisa saling berjualan dengan komoditas jualan yang berbeda-beda.

Itulah beberapa ide usaha kreatif inovatif yang halal. Bagi kamu yang ingin menjalankan dan mengembangkan usaha kreatif inovatif tersebut, Pegadaian Syariah menyediakan modal dari skala kecil sampai skala menengah melalui berbagai produk khususnya pembiayaan Rahn.

Pembiayaan Rahn  (Gadai Syariah) dari Pegadaian Syariah adalah solusi tepat kebutuhan dana cepat yang sesuai syariah. Prosesnya cepat hanya dalam waktu 15 menit dana cair dan aman penyimpanannya. Jaminan berupa barang emas, perhiasan, barang elektronik, atau kendaraan bermotor.

Nasabah hanya perlu membawa barang agunan ke outlet Pegadaian Syariah. Dengan proses pinjaman yang sangat cepat, nasabah bisa mendapatkan pinjaman ( marhun bih ) mulai dari 50 ribu rupiah sampai 2 miliar rupiah atau sampai BMPK (Batas Maksimal Pemberian Kredit). Jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang. Selain itu, pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Kelebihan lainnya dari pembiayaan Rahn adalah nasabah tidak perlu membuka rekening, karena pinjaman bisa diterima dalam bentuk tunai atau transfer ke bank.

Untuk bisa menikmati layanan Rahn, nasabah hanya perlu melampirkan fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya dan menyerahkan barang jaminan.

Demikian mengenai ragam ide usaha kreatif inovatif yang halal serta solusi dari Pegadaian Syariah bagi kamu yang membutuhkan modal usaha. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Ragam Ide Usaha Halal yang Kreatif dan Inovatif"