Rahasia Cara Cepat Kaya Dengan Sedekah - Pegadaian Syariah
logo

Rahasia Cara Cepat Kaya Dengan Sedekah

1 minggu yang lalu    
Rahasia Cara Cepat Kaya Dengan Sedekah

Ada satu rumusan bahwa ketika kita bersedekah, maka kita akan diberikan kekayaan. Rasulullah SAW bersabda, Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu .” Dalam riwayat lain juga disebutkan, “ Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rezeki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu .” (HR Bukhori dan Muslim).

Hadits di atas menegaskan bahwa sedekah merupakan sarana pembuka pintu rezeki. Berikut ini ada beberapa rahasia cara cepat kaya dengan sedekah . Rumusan ini disarikan berdasarkan firman Allah SWT dan hadits Rasulullah SAW.

Pertama , sedekah jariyah adalah nilai kekayaan sejati. Rasulullah SAW bersabda, “ Jika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, do’a anak yang sholeh ” (HR. Muslim no. 1631).

Hadits ini menegaskan bahwa salah satu indikator kekayaan sejati adalah sedekah jariyah. Ini merupakan rumus dari Rasulullah SAW. Oleh sebab itu, kita yakini bahwa salah satu rahasia cepat kaya adalah ketika kita mau dan mampu sedekah untuk kebaikan agar langsung menjadi tabungan kekayaan kelak di hari akhir. Apalagi dalam hadits tersebut tidak ada lagi rumusan kaya dalam hal harta selain terkait dengan sedekah.

Kedua , rumus matematika sedekah. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 261, “ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Ibnu Katsir menafsirkan bahwa ini merupakan perumpamaan yang diberikan Allah SWT mengenai pelipatgandaan pahala bagi orang yang menafkahkan harta kekayaannya di jalan-Nya dengan tujuan untuk mencari keridaan-Nya. Dan bahwasanya kebaikan itu dilipat-gandakan mulai dari sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat.

Ini merupakan penegasan kunci rahasia cepat kaya berikutnya. Ketika kita sedang bersedekah, maka Allah SWT berjanji langsung membalas dengan hitungan matematika sebanyak tujuh ratus kali lipat. Oleh sebab itu, mari terus perbanyak sedekah harta dan kebaikan agar cepat kaya.

Ketiga , bisnis tak akan merugi karena sedekah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surah Fathir ayat 29-30; “ Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”

Ibnu Katsir menafsirkan bahwa Allah SWT menceritakan tentang hamba-hamba-Nya yang beriman, yaitu orang-orang yang membaca kitab-Nya dan beriman kepadanya serta mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya, antara lain mendirikan salat dan menginfakkan sebagian dari apa yang diberikan oleh-Nya kepada mereka di waktu-waktu yang telah ditetapkan, baik malam ataupun siang hari, baik sembunyi-sembunyi ataupun terang-terangan.

Maksudnya, mereka mengharapkan pahala di sisi Allah SWT yang pasti mereka dapati, seperti yang telah kami terangkan dalam permulaan kitab tafsir ini dalam pembahasan keutamaan Al-Qur'an, bahwa dikatakan kepada pelakunya, " Sesungguhnya tiap-tiap orang itu berada di belakang perniagaannya, dan sesungguhnya kamu pada hari ini berada di belakang semua perniagaan .”

Karena itulah disebutkan oleh firman berikutnya, “ Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya, ” yakni agar Allah SWT menyempurnakan pahala amal perbuatan mereka dan melipatgandakannya dengan tambahan-tambahan yang belum pernah terdetik dalam kalbu mereka.

Ayat tersebut merumuskan bahwa salah satu cara agar bisnis kita tidak merugi adalah dengan menginfakkan harta di jalan Allah SWT, misalnya dengan sedekah. Bayangkan, jika Allah SWT menjamin bisnis kita tidak akan rugi, maka kekayaan harta dan kebaikan kita bisa cepat diraih.

Keempat , sedekah menghadirkan rezeki tak terkira. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah Ath Thalaq ayat 2-3, “ Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan  (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu .”

Ibnu Katsir menafsirkan ayat ini bahwa barang siapa yang bertakwa kepada Allah SWT dalam menjalankan semua yang diperintahkan kepadanya dan meninggalkan semua apa yang dilarang baginya, maka Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dari urusannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.

Sedekah merupakan salah satu bukti ketakwaan kita kepada Allah SWT. Allah SWT telah berjanji bahwa ketika kita bertakwa, maka Dia akan memberikan jalan keluar atas persoalan hidup dan memberikan rezeki tiada terkira. Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan sedekah agar kita bisa cepat kaya harta dan kebaikan.

Ibnu Kastir juga menafsirkan ayat tersebut bahwa Imam Ahmad mengatakan bahwa telah menceritakan kepada kami Waki', telah menceritakan kepada kami Basyir ibnu Sulaiman, dari Sayyar Abul Hakam, dari Tariq ibnu Syihab, dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “ Barang siapa yang mempunyai suatu keperluan, lalu ia menyerahkannya kepada manusia, maka dapat dipastikan bahwa keperluannya itu tidak dimudahkan baginya. Dan barang siapa yang menyerahkan keperluannya kepada Allah, maka Allah akan mendatangkan kepadanya rezeki yang segera atau memberinya kematian yang ditangguhkan (usia yang diperpanjang).”

Kelima , mental sedekah adalah mental memberi. Esensi orang kaya adalah orang yang bisa memberikan sesuatu lebih banyak kepada orang lain. Ketika kita memiliki mental terus memberikan sesuatu harta dan kebaikan kepada orang lain, niscaya otomatis kita sudah menjadi orang kaya.

Secara logika, ketika kita memiliki mental memberi, maka otomatis kita akan terus berupaya untuk bermental memiliki, termasuk mental terus memiliki harta dan kebaikan agar terus bisa bersedekah atau memberikan sesuatu kepada orang lain. Dengan demikian, salah satu kunci cara cepat kaya adalah dengan terus bermental memberi, misalnya dengan bersedekah.

Demikian rahasia cara cepat kaya dengan sedekah yang bisa kita teladani. Semoga kita terus diberikan anugerah bermental memberikan harta dan kebaikan kepada sesama. Amin.  



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Rahasia Cara Cepat Kaya Dengan Sedekah"