Syarat Mudah Kredit Mobil Syariah - Pegadaian Syariah
logo

Syarat Mudah Kredit Mobil Syariah

6 bulan yang lalu    
Syarat Mudah Kredit Mobil Syariah

Mengacu pada arti yang tertera di Kamus Besar Bahasa Indonesia, kredit merupakan cara menjual barang dengan pembayaran secara tidak tunai, yang mana cara pembayaran ditangguhkan atau diangsur. Kredit biasanya dipergunakan untuk menyebut istilah pinjaman dengan sewa modal yang dijalankan oleh Lembaga Keuangan Konvensional (LKK), namun bisa juga dipergunakan di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang biasanya menggunakan kata pembiayaan oleh karena transaksi yang dipergunakan adalah transaksi dagang, seperti jual beli, sewa menyewa dan kongsi.

Skema kredit syariah juga bisa dipergunakan untuk berbagai tujuan transaksi, termasuk transaksi kepemilikan kendaraan bermotor. Kredit mobil syariah ini sendiri memiliki skema transaksi yang bermacam-macam. Ada yang menggunakan skema jual beli tegaskan untung, sewa berakhir lanjut milik, kongsi berkurang dan sewa, bahkan ada juga skema jual lanjut sewa berakhir lanjut milik. Masing-masing transaksi memiliki skema dan risiko bisnis yang berbeda-beda.

Skema transaksi kredit mobil syariah sebenarnya mudah dilakukan, asalkan kamu bisa memenuhi beberapa persyaratannya. Berikut ini ada beberapa syarat yang bisa kamu persiapkan jika kamu ingin kredit mobil sesuai syariah.

Pertama, miliki karakter baik. Ini adalah syarat pertama dan utama yang harus kamu miliki. Karakter yang baik ini penting diketahui oleh LKS yang akan memberikan kamu pembiayaan, memberikan kemudahan kepada kamu untuk memiliki kendaraan dengan cara pembayaran angsuran.

Karakter yang baik ini bisa terlihat dari sikap keseharian kamu untuk jujur, taat kontrak, terbiasa menjalankan kewajiban dengan baik, tanggung jawab, bisa menjaga amanah atau kepercayaan dari orang lain. Jika karakter ini sudah kamu miliki, ini langkah awal hadirnya kemudahan di semua urusan kamu, termasuk dalam pengajuan kredit mobil syariah.

Jangan lupa tunjukkan sikap mental siap mengangsur sesuai jumlah dan jadwal yang ditentukan. Ini adalah mental utama yang harus kamu persiapkan. Energi positif yang kamu hadirkan untuk siap mental melakukan angsuran tepat jumlah dan tepat waktu, akan berdampak positif bagi kamu dan LKS ke depannya. Aura siap mental mengangsur ini akan terbaca oleh pihak LKS

Kedua, karyawan atau pengusaha mikro. Bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan di instansi pemerintah atau swasta yang punya masa kerja lebih dari 2 tahun, ini mempermudah pengajuan kredit mobil syariah yang kamu ajukan bisa disetujui.

Bagi kamu yang bukan karyawan, kamu tidak usah khawatir, apalagi jika kamu adalah pengusaha mikro yang sudah berjalan lebih dari 2 tahun. Hal ini juga mempermudah proses kamu dalam pengajuan kredit mobil syariah. Kamu tinggal menjalankan usaha kamu dengan sebaik-baiknya, insya Allah mempermudah kamu dalam pengurusan kredit mobil yang kamu inginkan.

Poin ini sangat berguna bagi kamu, yakni agar kamu memang memiliki kemampuan bayar angsuran. Ketentuan ini sengaja dibuat agar ke depan kamu bisa menaati kewajiban kamu kepada LKS, sehingga karakter baik yang kamu miliki tetap terjaga. Ketika pembiayaan kamu lancar, maka LKS akan dengan senang hati memberikan dukungan untuk pemenuhan kebutuhan kamu berikutnya.

Ketiga, siapkan dokumen persyaratan. Pembiayaan dari LKS akan mudah cepat cair jika kamu juga mempersiapkan dokumen persyaratan dengan lengkap. Dokumen ini merupakan hal yang sangat penting bagi LKS untuk tertib administrasi, apalagi kita hidup di Indonesia, maka harus ikut aturan hukum positif di Indonesia.

Dokumen yang dibutuhkan adalah dokumen diri, dokumen terkait pekerjaan atau usaha yang sedang kamu jalankan (jika kamu pengusaha), serta berbagai dokumen lain, termasuk untuk urusan pengikatan agunan. Untuk dokumen pengikatan agunan ini akan disiapkan oleh LKS. Jadi, kamu fokus menyiapkan dokumen diri dan persyaratan kredit mobil syariah saja.

Keempat, siapkan uang muka. Uang muka berfungsi untuk memperbesar keyakinan LKS bahwa kamu memang punya niat serius melakukan pembiayaan. Uang muka juga merupakan sarana berbagi risiko antara kamu dengan LKS. Semakin besar uang muka yang bisa kamu berikan, semakin mempermudah LKS mengambil keputusan untuk memberikan kamu pembiayaan.

Uang muka memang akan mempermudah urusan kamu ke depan. Semakin besar uang muka yang kamu siapkan, maka semakin ringan jumlah dana yang harus kamu angsur untuk pelunasan Kredit Mobil Syariah yang kamu ajukan. Semakin kecil bahkan tanpa uang muka, maka semakin besar beban angsuran yang harus kamu tanggung. Maka, taati saja aturan LKS terkait uang muka ini.

Kelima, pintar memilih Lembaga Keuangan Syariah. Pastikan kredit mobil syariah yang kamu ajukan adalah memang di Lembaga Keuangan Syariah. Setiap LKS memiliki keunggulan dan keunikan yang berbeda-beda. Proses pengajuan pembiayaan, fasilitas dan layanan yang disajikan juga berbeda-beda. Hal ini pun akan berdampak pada kondisi Kredit Mobil Syariah yang kamu ajukan.

Salah satu LKS yang kredibel dan bisa memudahkan Kredit Mobil Syariah yang kamu inginkan adalah Pegadaian Syariah. Dalam rangka memenuhi kebutuhan jual beli mobil, Pegadaian Syariah menyediakan produk pembiayaan PegadaianAmanah. Pembiayaan Pegadaian Amanah adalah pembiayaan berprinsip syariah kepada karyawan tetap maupun pengusaha mikro dalam rangka kepemilikan kendaraan bermotor seperti motor atau mobil dengan cara angsuran.

Keunggulan utama produk Pembiayaan Pegadaian Amanah adalah tersedia di outlet Pegadaian di seluruh Indonesia. Banyaknya cabang menunjukkan kredibilitas LKS, apalagi LKS ini adalah merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga kredibilitasnya tinggi dan kuat.

Produk ini juga menentukan uang muka yang terjangkau, angsuran tetap, jangka waktu pembiayaan fleksibel mulai dari jangka waktu angsuran 12 bulan sampai dengan 60 bulan. Transaksi Pembiayaan ini sesuai prinsip syariah yang adil dan menenteramkan yang tentu saja diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) DSN MUI dalam proses dan praktik keseharian.

Persyaratannya juga mudah, yakni pegawai tetap suatu instansi pemerintah/swasta minimal telah bekerja selama 2 tahun, melampirkan kelengkapan dokumen yakni fotokopi KTP (suami/istri), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi SK pengangkatan sebagai pegawai / karyawan tetap, rekomendasi atasan langsung, slip gaji 2 bulan terakhir, mengisi dan menandatangani form aplikasi Amanah, membayar uang muka yang disepakati (untuk motor minimal 10% dan untuk mobil minimal 20%), dan menandatangani akad produk Pegadaian Amanah.

Demikian uraian tentang mudahnya mengajukan kredit mobil syariah. Silakan kamu manfaatkan fasilitas pembiayaan Pegadaian Amanah, agar kebutuhan kamu bisa terpenuhi dengan mudah dan barakah. Amin.

 

Artikel ditulis oleh Tim Advika, keterangan lebih lanjut hubungi e-mail info@advikamedia.com



Artikel Terkait


  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu
  2 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Syarat Mudah Kredit Mobil Syariah"